Adidas Unstoppable, Dari Kesadaran Merek Menuju Loyalitas Tanpa Batas di Kalangan Milenial
DOI:
https://doi.org/10.38204/atrabis.v11i1.2374Keywords:
Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Milenial, Adidas, Strategi PemasaranAbstract
Di era digital saat ini, kesadaran merek (brand awareness) menjadi elemen krusial dalam membentuk loyalitas konsumen. Adidas, sebagai salah satu merek global terkemuka, telah berhasil menarik perhatian generasi milenial melalui strategi pemasaran digital yang agresif dan kolaborasi dengan influencer. Meskipun kesuksesan global telah diraih, masih terdapat kekurangan kajian empiris di Indonesia terkait pengaruh kesadaran merek terhadap loyalitas merek di kalangan milenial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei melalui kuesioner skala Likert terhadap 104 responden pengguna produk Adidas, dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana serta uji korelasi melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas merek, dengan nilai signifikansi di bawah 0,05 dan korelasi positif sebesar 0,634. Instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel, sementara distribusi data residual memenuhi asumsi normalitas. Penelitian ini juga menegaskan peran penting media sosial dalam membangun ikatan emosional antara merek dan konsumen. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pemasar dalam merancang strategi yang lebih inovatif dan relevan untuk meningkatkan loyalitas dan kesadaran merek, khususnya dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif.
Downloads
References
Apriany, A. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1), 105–114. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1278
Arjunie, F., & Ishak, A. (2024). The Influence of Product Support on Herd Behavior And Brand Attitude: Direct Impact on Purchase Intention of Scarlett Whitening. 03(06).
Artina, N. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek Dan Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek Pada Chang Tea Cabang PTC Mall Palembang.
Aulia Mulyawati, S., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2024). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen pada Jeans Brand Jiniso di Marketplace Shopee. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, 3(03), 305–315. https://doi.org/10.58812/jbmws.v3i03.1557
Budi Harto, Abdul Rozak, & Arief Yanto Rukmana. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1), 67–74. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1.546
Budi Harto, Panji Pramuditha, Arief Yanto Rukmana, Harnavela Sofyan, Hana Rengganawati, Andina Dwijayanti, & Teti Sumarni. (2023). Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif Pada UMKM Kota Bandung. KOMVERSAL, 5(2), 244–261. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i2.1499
Damanik, K., Sinaga, M., Sihombing, S., Hidajat, M., & Prakoso, O. S. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kebijakan Publik dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2), 76–85. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i2.1834
Eliasari, P. R. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Dimediasi Oleh Perceived Quality dan Brand Loyalty. 6(12).
Fahlefi, D. Ri., & Indriastuti, A. (2019). Pengaruh Kesadaran Merk, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Vivo Pada Angkasa Cell Di Kabupaten Blora. Jurnal Stie Semarang, 11(1), 38–51. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v11i1.337
Firmansyah, R. B. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Loyalty Melalui Virtual Experience Yang Di Mediasi Oleh Customer Involvement Pada Akun Instagram @GRABID.
Gazali, L., & Ekawanto, I. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty Dan Brand Attitude Terhadap Purchase Intention Pada Aplikasi Marketplace. 4(2).
Halim, F. (2016). 58 Publications 794 Citations See Profile. 6(4).
Harto, B., Juliawati, P., Dwijayanti, A., Nurdiani, T. W., Totok, Y., Ariawan, J., & Tannady, H. (2022). Peran Promosi, Eco Friendly Packaging dan Harga dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan Produk Ritel Kopi Susu. 6(3).
Lengkong, A. P., Pio, R. J., & Mangindaan, J. V. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Pakaian H.A.R.V Official di Manado. 11(2).
Lestari, C. F., & Permatasari, I. R. (2021). Pengaruh Brand Awareness Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Berau Provinsi Kalimantan Timur. 7.
Lestari, M. (2021). The Influence of Celebrity Endorser and Online Promotion on Purchase Decision Through Brand Image.
Linda Daniati Melinda, Harto, B., Sulistianingsih, Hery Syaerul Homan, & Dwi Puryati. (2023). Integrasi Teknologi Informasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia: Sebuah Studi Kualitatif tentang Dampaknya pada Kinerja Keuangan Perusahaan. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 9(2), 321–335. https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i2.1820
Lova, T. K., & Raharjo, S. T. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Experience Terhadap Purchase Decision Konsumen Pada Produk Kosmetik dan Brand Trust Sebagai Mediator (Studi pada Konsumen Somethinc).
Miharni Tjokrosaputro, P. S. D. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty Produk Tolak Angin. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 2(5). https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i5.4876
Mostafa, R. B., & Kasamani, T. (2020). Brand experience and brand loyalty: Is it a matter of emotions? Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(4), 1033–1051. https://doi.org/10.1108/APJML-11-2019-0669
Nafshya Ananda Putri, M., & Sukaatmadja, I. P. G. (2018). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5983. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p07
Nuryadin, A. E., Remmang, H., & Setiawan, L. (2023). Pengaruh Brand Awareness Dan Kualitas Terhadap Keputusan Mendaftar Calon Mahasiswa Baru Pada Kampus Universitas Bosowa. Indonesian Journal of Business and Management, 6(1), 123–131. https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3803
Pandey, R., Reddy, L. S., Chaudary, V., Widyawati, V. T., Sin, L. G., Bin Mohd Ghazali, M. K. A., Kee, D. M. H., Bin Ibrahim, M. F., Bin Ahmad Fadzeil, M. Z., & Binti Mohamed, N. A. (2021). Analysis the Effect of Product Quality and Price on Purchase Decision (Case Study of Adidas India, Indonesia, and Malaysia). International Journal of Accounting & Finance in Asia Pasific, 4(1), 71–85. https://doi.org/10.32535/ijafap.v4i1.1034
Phong, L. T., Nga, T. H., Hanh, N. T., & Minh, N. V. (2020). Relationship between brand association and customer loyalty: The case of online retail industry. Management Science Letters, 1543–1552. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.12.012
Pratamasari, V. F., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. FORUM EKONOMI, 24(2), 422–432. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10837
Primandaru, N., Kristiani, N., & Pareallo, P. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Loyalty pada Sepatu Lokal Indonesia. Journal of Business & Banking, 12(2), 203. https://doi.org/10.14414/jbb.v12i2.3495
Priska, A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Prasecond Dalam Meningkatkan Penjualan.
Putri, M. W. P., & Wsrdiningsih, S. S. (2016). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas (Survei pada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta). 16(2).
Radaković, M., Turčinović, Ž., & Gavrilović, A. (2023). Brand Management On The Example Of “Adidas Ag“. Sporticopedia - Smb, 1(1), 199–216. https://doi.org/10.58984/smbic2301199r
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690
Rejeki, S., & Ria Atmaja, D. (2022). Pengaruh Product Attribute Dan Customer Trust Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Value Dan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi Pada Pelanggan Indomaret Di Jakarta Barat. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(4), 809–840. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i4.425
Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69. https://doi.org/10.32502/jimn.v11i1.3427
Sartikah, S., Razati, G., & Utama, Rd. D. H. (2019). Peran Media Sosial Dalam Memperkuat Loyalitas Pada Merek. Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 18(1), 28. https://doi.org/10.17509/strategic.v18i1.17588
Sesareanto, N. R., Elwisam, E., & Digdowiseiso, K. (2023). Influence Style Life and Image Brand to Decision Purchase Shoe Adidas in Depok. Jurnal Syntax Admiration, 4(2), 372–385. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i2.880
Siwalankerto, J. (2020). Analisa Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Awareness dan Brand Satisfaction Brotherwood Decoration Surabaya.
Soepriyadi, I., Harto, B., Sari, A. R., Kristanti, D., Ariawan, J., Suryaningsih, L., & Faizah, A. (2022). Analisis Hubungan Stres Kerja, Kompensasi Langsung dan Komitmen Organisasi pada Perusahaan Distribusi Peralatan Kesehatan Nasional. 6(3).
Start.io. (2022). Adidas Target Market Analysis & Consumer Demographics | Start.io. Start.Io. https://www.start.io/
Talahatu, I. (2024). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kualitas Yang Dipersepsikan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Cair Di Kota Ambon. 3(1).
Tamamekeng, K. J. P., Moniharapon, S., & Roring, F. (2024). The Effect of Quality Perceptions, Affective Commitment, and Brand Experience on Brand Loyalty (Study on J&T Manado Consumers). 12(01).
Yasinta Sabilla, Depy Muhamad Pauzy, & Suci Putri Lestari. (2023). Pengaruh Brand Liking dan Brand Competence Terhadap Brand Loyalty Pada Skincare Somethinc di Beautebox Tasikmalaya. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(6), 608–611. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i6.2209
Yohana F. C. P. Meilani, I. B., Margaretha P. Berlianto, & Ian N. Suryawan, R. R. M. (2020). The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412. https://doi.org/10.24912/jm.v24i3.676
Yuliana, D. T. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek, Desain Produk dan Fanatisme Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Casual Adidas Pada Gen-Z Di Solo Raya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2.
Yunaida, E. (2018). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 798–807. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.685
Zulfikar, I. (2023). Building a Strong Brand: Marketing Strategy to Increase Brand Awareness and Consumer Loyalty. Neo Journal of Economy and Social Humanities, 1(4), 280–284. https://doi.org/10.56403/nejesh.v1i4.79