Efektivitas Dosen Pengajar Pada Mata Kuliah Semester Genap dan Berbahasa Inggris di Politeknik LP3I Bandung

Authors

  • Yuyun Taufik Teti Sumarni

DOI:

https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i1.235

Keywords:

efektivitas, dosen, berbahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dosen yang mengajar berbahasa inggris di semester genap dalam memberikan perkuliahan,tugas, diskusi, dan ujian yang diberikan kepada mahasiswa. Penelitian ini, mengunakan pendekatan penilaian efektivitas dengan mengunakan pendekatan: pendekatan eksperimental, pendekatan yang berorientasi pada tujuan, pendekatan yang berfokus pada keputusan dan pendekatan yang berorientasi pada pemakai.Pendekatan penilaian tersebut digunakan kepada dosenPoliteknik LP3I Bandung dimana penyampaian materi perkuliahan di matakuliah semester genap yang disertai dengan diskusi dalam bahasa Inggris di seluruh program studi Politeknik LP3I Bandung yang terdiri dari 4 program studi yaitu: Program studi administrasi bisnis, Program studi Manajemen Informatika, program studi akuntansi dan program studi hubungan masyarakat angkatan 2017 pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Dosen memberikan materi berbahasa Inggris dalam menjelaskan materinya kepada mahasiswa, beberapa indikator yang diobservasi adalah penggunaan slide, modul yang digunakan, pemberian tugas, diskusi dan Tanya jawab dengan mahasiswa, serta ujian yang dilaksanakan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen yang mengajar berbahasa Inggris berdasarkan umpan balik yang diisi oleh mahasiswa nilai rata-ratanya adalah 88,76 %, ini menujukan bahwa tingkat pemakaian bahasa Inggris sudah bagus. Sementara disisi yang lain, mahasiswa masih mengalami kesulitan jika materi perkuliahan disampaikan dalam bahasa Inggris, meskipun respon mereka cukup bagus dengan pelaksanaan kelas berbahasa Inggris. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan atau menjawab pertanyaan berbahasa Inggris saat perkuliahan belum cukup nampak, dikarenakan dosen masih terlalu dominan dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Downloads

References

DAFTAR PUSTAKA

Brady, L.1990. Curriculum Development.3rd ed. Prentice Hall, Sydney

Gronlound, N.E. 1991. How to Write Instructional Objectives, 4rd ed. Macmillan, New York

Handayaningrat. 2010. Manajemen efektivitas . PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Hasibuan & Moedjiono, 2009. Proses Belajar Mengajar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Mudasir & Astuti, E. 2004. Implementasi Kelas Berbahasa Inggris, Persiapan dan Kendalanya. Makalah Lokakarya Pelaksanaan Kelas Berbahasa Inggris Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY tanggal 15 Mei 2014.

Sugeng Mardiyono, 2014. Prospek dan Pengembangan Kelas Berbahasa Inggris. Makalah Lokakarya Pelaksanaan Kelas Berbahasa Inggris , FPBS UPI tanggal 17 Maret 2014

Downloads

Published

2019-06-28

How to Cite

Yuyun Taufik Teti Sumarni. (2019). Efektivitas Dosen Pengajar Pada Mata Kuliah Semester Genap dan Berbahasa Inggris di Politeknik LP3I Bandung . ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(1), 116–124. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i1.235