Good University Governance dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Mahasiswa Vokasi
DOI:
https://doi.org/10.38204/atrabis.v11i1.2341Keywords:
Tata Kelola Perguruan Tinggi, Kepuasan Mahasiswa, Pendidikan Vokasi, Praktik Tata KelolaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan Good University Governance (GUG) dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa pada perguruan tinggi vokasi. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi persepsi mahasiswa aktif salah satu Politeknik di Serang, Banten, terhadap implementasi prinsip GUG serta mengukur tingkat kepuasan mereka pada empat bidang layanan institusi: tata kelola dan kerjasama, kemahasiswaan, keuangan dan sarana prasarana, serta pendidikan. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif kuantitatif dengan instrumen kuesioner daring berbasis skala Likert empat poin, disebarkan kepada 374 mahasiswa sensus populasi TA 2024. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata‑rata antar bidang berkisar antara 3,225–3,360 (kategori “Baik”), dengan dimensi assurance (3,405) dan akses Wi‑Fi (3,359) sebagai skor tertinggi, sementara ketersediaan makanan terjangkau (2,919) dan partisipasi tata pamong (3,222) relatif lebih rendah. Simpulan penelitian menegaskan bahwa GUG di institusi ini secara umum memuaskan mahasiswa, meski perbaikan layanan dan mekanisme partisipasi perlu diutamakan untuk peningkatan mutu lebih lanjut.
Downloads
References
Alam, I. A., & Santika, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 36(2), 22–32.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=Pr2VEAAAQBAJ
Evans, J. R., & Mathur, A. (2018). The value of online surveys: a look back and a look ahead. Internet Research, 28(4), 854–887. https://doi.org/10.1108/IntR-03-2018-0089
Jumriani, J., Mas’ud, M., & Nurwanah, N. (2022). Analisis Penerapan Good University Governance Bagi Akuntabilitas Publik Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Makssar. Journal of Accounting Finance, 3(1), 123–142.
Muhsin, M., Martono, S., Nurkhin, A., Pramusinto, H., Afsari, N., & Arham, A. F. (2019). The Relationship of Good University Governance and Student Satisfaction. International Journal of Higher Education, 9(1), 1. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n1p1
Muktiyanto, A. (2016). Good University Governance Dan Kinerja Perguruan Tinggi. Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan Dan Praktek Baik, 45–66. http://repository.ut.ac.id/7059/1/UTFEKON2016-03.pdf
Priyono, D., & Ahmad, A. (2018). The Implementation of Higher Education Funding in Indonesia. OALib, 05(06), 1–11. https://doi.org/10.4236/oalib.1104049
Putra, A. (2017). Menguatkan Tata Kelola Transparansi Informasi Publik di Perguruan Tinggi. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 3(1), 173–189. https://jurnal.kpk.go.id/index.php/integritas/article/view/161
Putrika, K. E., & Putri, I. G. A. M. A. D. (2021). Penerapan Good University Governance terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Excellent Service sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(11), 2693. https://doi.org/10.24843/EJA.2021.v31.i11.p02
Rahareng, V. J., & Relawan, I. N. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 46. https://doi.org/10.33366/ref.v5i1.565
Rothman, A. J. (2004). Likert scale. In Encyclopedia of psychology, Vol. 5. (pp. 57–58). Springer. https://doi.org/10.1037/10520-022
Susetyo, D. P., Pranajaya, E., Setiawan, T., & Suryana, A. (2022). Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Institusi sebagai Determinan Kepuasan Mahasiswa. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(4), 473–492. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i4.1250
Suti, M., Syahdi, M. Z., & D., D. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 3(2), 203. https://doi.org/10.35914/jemma.v3i2.635
Widjajanti, K., & Sugiyanto, E. K. (2015). GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE UNTUK MENINGKATKAN EXCELLENT SERVICE DAN KEPERCAYAAN MAHASISWA (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 17(1), 69–81. https://doi.org/10.26623/jdsb.v17i1.504
Yurnalissa, Y., & Maria, S. (2019). Partnership management of the vocational school and business / industrial world in achieving graduate quality. Taman Vokasi, 7(1), 10. https://doi.org/10.30738/jtv.v7i1.4770