Analisis Persepsi Konsumen : Daya Saing Harga, Desain Produk dan Stabilitas Keuangan
DOI:
https://doi.org/10.38204/atrabis.v11i1.2327Keywords:
Persepsi Harga, Desain Produk, LikuiditasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan desain produk terhadap brand image Tupperware, serta menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek melalui analisis likuiditas. Latar belakang penelitian ini diperkuat dengan adanya penurunan posisi Tupperware dalam Top Brand Awards, yang mencerminkan melemahnya persepsi merek di kalangan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen Tupperware untuk menggambarkan sikap, pendapat, dan karakteristik responden serta menganalisis kesehatan keuangan perusahaan. Karena kerangka populasi tidak diketahui, teknik purposive sampling digunakan. Berdasarkan jumlah estimated parameter sebanyak 45, ukuran sampel minimum ditentukan sebanyak 225 responden, sesuai ketentuan minimal 5 observasi per parameter. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berskala 1–10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga dan desain produk berpengaruh signifikan terhadap brand image. Di sisi lain, analisis stabilitas keuangan mengindikasikan penurunan likuiditas yang konsisten, dengan Rasio Lancar menurun dari 81,7% menjadi 60%, yang menunjukkan berkurangnya cakupan aset terhadap kewajiban lancar. Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga dan desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Selain itu, hasil analisis menegaskan bahwa Tupperware menghadapi kesulitan likuiditas yang memengaruhi stabilitas keuangan perusahaan. Untuk mencegah kondisi serupa, perusahaan sejenis disarankan mengelola kas secara efektif, mengendalikan utang, dan beradaptasi dengan dinamika pasar agar tetap kompetitif.
Downloads
References
M. I. Rahmawati and A. Subardjo, “INTERNET OF THINGS (IoT) DAN BLOCKCHAIN DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI,” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol. 28, no. 1, pp. 28–36, Jan. 2023, doi: 10.23960/jak.v28i1.828.
U. Ulyani and L. E. H. Mulyono, “Pengaruh Green Marketing, Brand Image dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware di Kota Mataram,” ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), vol. 5, no. 2, pp. 160–166, Sep. 2024, doi: 10.29303/alexandria.v5i2.623.
Y. Ardiansyah, W. Abdillah, and R. S. Hayu, “Influence Of Brand Equity, Product Quality And Warranty On Consumer Purchasing Decisions (Study On Tupperware Products In Bengkulu City),” The Manager Review, vol. 6, no. 1, pp. 33–50, Mar. 2024, doi: 10.33369/tmr.v6i1.33524.
Alfi Afriana Akhyani, “PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, PERSEPSI HARGA, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND IMAGE,” Equivalent : Journal Of Economic, Accounting and Management, vol. 1, no. 2, pp. 75–92, May 2023, doi: 10.61994/equivalent.v1i2.51.
M. S. Anam, D. L. Nadila, T. A. Anindita, and R. Rosia, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra,” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), vol. 4, no. 1, pp. 120–136, Dec. 2020, doi: 10.36778/jesya.v4i1.277.
A. Fadila and L. Meria, “CUSTOMER LOYALTY DITINJAU DARI ADVERTISING, SALES PROMOTION DAN BRAND IMAGE PADA FRANCHISE ICE CREAM & TEA,” JURNAL LENTERA BISNIS, vol. 13, no. 2, p. 764, May 2024, doi: 10.34127/jrlab.v13i2.1067.
Ujang Eri Jaenudin, Rizky Ridwan, Dheri Febiyani Lestari, Alfin Nur Arifah, Aditia Abdurachman, and Taupik Akbar, “PENINGKATAN LITERASI MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL BAGI PELAKU USAHA PARIWISATA DAN UMKM,” Jurnal Abdi Masyarakat, vol. 8, no. 1, Dec. 2024, doi: 10.30737/jaim.v8i1.6195.
R. Ridwan, D. F. Lestari, A. N. Arifah, and A. Abdurachman, “Peran Sistem Informasi Akuntansi Dalam Mencegah Kecurangan: Pendekatan Studi Di Tasikmalaya,” Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, vol. 11, no. 1, pp. 211–218, Apr. 2023, doi: 10.37641/jiakes.v11i1.1776.
D. Febiyani Lestari and Y. Setia Rachmanda, “ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO RENTABILITAS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK DAN PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK DARI TAHUN 2014 – 2018,” JURNAL EKONOMI PERJUANGAN, vol. 4, no. 1, pp. 78–83, Jun. 2022, doi: 10.36423/jumper.v4i1.962.
D. Febiyani, N. Hera, G. Agustina, and R. Ridwan, “Dampak Pendapatan Usaha dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih PT. Ciputra Development Tbk (2019-2023) : Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan,” JURNAL EKONOMI PERJUANGAN, vol. 6, no. 2, pp. 102–110, Nov. 2024, doi: 10.36423/jumper.v6i2.2032.
D. F. Lestari, H. Herdiyanti, G. Agustina, and I. Sartika, “Membongkar rahasia keuangan: Analisis common size pada laporan keuangan PT Sido Muncul Tbk dalam dunia industri jamu dan farmasi,” Jurnal Akuntansi dan Manajemen, vol. 21, no. 1, pp. 125–134, May 2024, doi: 10.36406/jam.v21i1.1433.
Dheri Febiyani Lestari, Alfin Nur Arifah, Rizky Ridwan, and Aditia Abdurachman, “Ekplorasi Hubungan Return On Investment (ROI) dan Price to Book Value (PBV) di PT Indofood Sukses Makmur Tbk.,” Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, vol. 2, no. 2, pp. 266–272, Dec. 2024, doi: 10.38204/ekobima.v2i2.2134.
R. Ridwan, D. F. Lestari, Y. S. Rachmanda, and F. Nurlaila, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Cipasung Tasikmalaya,” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, vol. 10, no. 3, pp. 643–650, Dec. 2022, doi: 10.37641/jimkes.v10i3.1444.