Pengaruh Implementasi Kebijakan Terhadap Kualitas Pelayanan Izin Praktik Dokter di Kota Bandung

Authors

  • Indah Puspitasari Universitas Langlangbuana
  • Pandji Santosa Universitas Langlangbuana
  • Wiwin Winangsih Universitas Langlangbuana

DOI:

https://doi.org/10.38204/atrabis.v11i1.2307

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Kualitas Pelayanan, Izin Praktik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kualitas pelayanan dalam proses pemberian izin praktik dokter di Kota Bandung, yang ditandai dengan keluhan keterlambatan, ketidakjelasan prosedur, dan minimnya transparansi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi kebijakan terhadap kualitas pelayanan, khususnya pada pelayanan izin praktik dokter oleh DPMPTSP Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner kepada 88 responden. Analisis dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi terhadap kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kualitas pelayanan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi kebijakan yang baik meningkatkan mutu pelayanan izin praktik dokter. Implikasinya, perbaikan komunikasi, penyediaan sumber daya, peningkatan responsivitas petugas, dan penyederhanaan struktur birokrasi dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang perizinan tenaga kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

states: A management report card. Washington, DC: Governing.

Berman, E. M. (2019). Public administration: An action orientation (7th ed.). Boston, MA: Cengage Learning.

Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The new public service: Serving, not steering (3rd ed.). New York, NY: Routledge.

Fithriana, Noora dan Vida Ursula PS. (2020). Kualitas Pelayanan Puskesmas Dinoyo Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 9 No.1, Nopember 2020. ISSN Online: 2579-7301. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Grönroos, C. (2007). Service management and marketing: Customer management in service competition (3rd ed.). Chichester, UK: John Wiley & Sons.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gava Media.

Heeks, R. (2018). Information and communication technology for development (ICT4D) (2nd ed.). London, UK: Routledge.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1992). The balanced scorecard: Measures that drive performance. Harvard Business Review, 70(1), 71–79.

Karso, Junaedi. (2021). Implementasi, Analisis, Perumusan Kebijakan Publik Kunci Utama Terselenggaranya Kesejahteraan di Indonesia. Cirebon: Insania.

Kaufman, H. (2015). Red tape: Its origins, uses, and abuses. Washington, DC: Brookings Institution Press.

Kriswahyu dkk. (2017). Standar Pelayanan Publik Sesuai UU No 25 Tahun 2009 Survei Ombudsman RI. Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia.

Moynihan, D. P., & Pandey, S. K. (2017). The ties that bind: Social networks, person-organization value fit, and turnover intention. Journal of Public Administration Research and Theory, 17(2), 205–227. https://doi.org/10.1093/jopart/mul013.

Nasihah, Dzurrotin. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor SAMSAT Pati. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 21 (1), 2020, 176-185. ISSN 1412-629X. IAIN Kudus.

O'Toole, L. J., Jr., & Meier, K. J. (2015). Public management: Organizations, governance, and performance. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Peters, B. G. (2020). The politics of bureaucracy: An introduction to comparative public administration (7th ed.). New York, NY: Routledge.

Pittaway, L., & Hall, J. (2020). Public sector management and organizational effectiveness: A holistic approach. Journal of Public Administration Research and Theory, 30(4), 527–543. https://doi.org/10.1093/jopart/muz017.

Rainey, H. G. (2014). Understanding and managing public organizations (5th ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Schein, E. H. (2010). Organizational culture and leadership (4th ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Subarsono. (2023). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tummers, L., Bekkers, V., Vink, E., & Musheno, M. (2015). Coping during public service delivery: A conceptualization and systematic review of the literature. Journal of Public Administration Research and Theory, 25(4), 1099–1126. https://doi.org/10.1093/jopart/muu056.

Widodo, Joko. (2022). Analisis Kebijakan Publik. Malang: Media Nusa Creative.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Indah Puspitasari, Pandji Santosa, & Wiwin Winangsih. (2025). Pengaruh Implementasi Kebijakan Terhadap Kualitas Pelayanan Izin Praktik Dokter di Kota Bandung. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 11(1), 53–61. https://doi.org/10.38204/atrabis.v11i1.2307