Proses Rebranding Usaha Transportasi Darat Pada PERUM DAMRI

  • Cahyadi Supyansuri
  • Nuslih Jamiat
  • Abdur Rahmanesa
Keywords: Perubahan, Rebaranding

Abstract

Perubahan dalam dunia bisnis sudah merupakan hal yang lumrah terjadi, untuk itu setiap perusahaan harus selalu mengantisipasi dan menyesuaikan diri terhadap perubahan bisnis yang terjadi. Berbagai perubahan yang harus dilakukan oleh perusahaan berkaitan dengan strategi bisnis, strategi marketing dan strategi branding. Dalam penelitian ini penulis membas proses rebranding usaha transportasi darat pada Perum Damri dengan menggunakan metode deskriptif dan pengolahan kuesioner kepada responden. Hasil pembahasan ini menyatakankan bahwa Perum Damri seharusnya melakukan perubahan logo sebagai symbol perubhan pelayanan kepada para pelanggannya.

Downloads

References

F. DAFTAR PUSTAKA

Adams, Sean ; Noreen Morioka & Terry Stone. 2004. Logo Design Workbook: A Hands-On Guide To Creating Logos. United States of America: Rockport.

B. Wiryawan, Mendiola. 2008. Kamus Brand. Jakarta: Red & White Publishing.

Brannan, Tom. 1995. A Practical Guide to Integrated Marketing Communication. London: Kogan Page Limit.

Carter, David. E. 2005. Logo Redesigned: How 200 Companies Successfully Changed Their Image. New York: Harper Collins.

Carter, David. E. 2005. The Big Book Of Logo I, II, III. New York: Harper Collins.

Cirlot, J. E. 2001. A Dictionary of Symbols. British Library: Routledge & Kegan Paul Ltd.

Gobe, Marc. 2005. Emotional branding. Jakarta: Erlangga.

Jefkins, Frank. E. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Junaedi, Ahmad. 2003. Perancangan Logo PT. Tesapura Bandung.

Kartajaya, Hermawan. 2004. Seri 9 Elemen Marketing: Hermawan Kartajaya on Brand. Bandung: Mizan Media Utama.

Kartajaya, Hermawan. 2004. 22 Immutable Laws of Branding. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 76

Desain, Desain Komunikasi Visual, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Pratama, Chadra Budi. 2010. Redesain dan Aplikasi Corporate Identity “Catering Ikha” di Surakarta. Tugas Akhir, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Pendidikan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Pudjiastuti, Sri. 1999. Teori Dasar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.

Rustan, Surianto. 2011. Hurufontipografi. Jakarta: Gramedia.

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia.

Safanayong, Yongky. 2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: Arte Intermedia.

Sarwono, Jonathan ; Hary Lubis. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Jogjakarta: Andi.

Sihombing, Danton. 2003. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.

Sunendar, Riki. 2005. Tinjauan Visual Pada Logo Bank Jabar. Skripsi, Fakultas Desain, Desain Komunikasi Visual, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Suradjijo, Suryo. 1996. Filsafat Seni. Surakarta: UNS Press

Surakhmad, Winarno. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Suwardikun. W, Didit. 2000. Merubah Citra Melalui Perubahan Logo. Bandung: ITB Library.

Suwardikun, W. Didit. 2002. Perubahan Logo Perusahaan, Sebuah Analisis Visual (Studi Kasus: PT. Astra Internasional, Garuda Indonesia, Unocal 76). Tesis, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Wardono, Prabu. 1995. Corporate Interiors As The Expression Of Corporate Image. Thesis, Faculty of Design, Architechture and Building, University of Technology, Sydney.

Wertime, Kent. 2003. Buliding Brands & Believers. Jakarta: Erlangga. 78

Published
2019-06-28
How to Cite
Cahyadi Supyansuri, Nuslih Jamiat, & Abdur Rahmanesa. (2019). Proses Rebranding Usaha Transportasi Darat Pada PERUM DAMRI. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(1), 41-65. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i1.230