Pengaruh Kualitas Produk dan Physical Evidence Terhadap Brand Image Politeknik LP3I Bandung

  • Dhany Isnaeni Dharmawan
  • Yuyun Taufik
  • Elly Watti Noorhan
Keywords: kualitas produk, physical evidence, brand image

Abstract

Pengaruh kualitas produk dan physical evidence terhadap brand image Politeknik LP3I Bandung. Secara umum kinerja pemasaran yang baik dinyatakan dalam tiga besaran nilai utama, yaitu penjualan, pertumbuhan penjualan, dan pertumbuhan pelanggan. Pertumbuhan nilai pelanggan akan terus meningkat seiring peningkatan brand image yang dibangun oleh instansi yang bersangkutan. Image akan semakin baik pada saat pelanggan dipuaskan dengan
kualitas produk yang ditawarkan serta baik dan berkualitasnya sarana dan prasarana perusahaan untuk menunjanga pelayanan bagi para pelanggan tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk, physical evidence, brand image serta pengaruh kualitas produk dan physical evidence terhadap brand image Politeknik LP3I Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, teknik sampling yang digunakan adalah proportionate cluster random sampling dan penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukan nilai uji F, uji t dan uji korelasi yang diperoleh, dapat ditafsirkan bawa brand image PLB dipengaruhi secara parsial oleh kualitas produk PLB sebesar 39,1% dan phsycal evidence atau bukti fisik sebesar 40,9%. total keduanya atau pengaruh secara simultan adalah 80%. Sisa sebesar 20,0% manunjukan ada nya faktor error dalam penelitian ini, adanya pengaruh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini, misalnya harga, tempat dan distribusi, pelayanan serta promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tinjauan Pustaka

Alves, Helena. 2010. The Measurement of Perceived Value in Higher Education: a Unidimensional Approach. Universidade Da Beira Interior.

Burhan Hanifudin Wijaya, (2012), Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Olahan Ayam di Rumah Makan Resto Gama Malang, Journal Faculty of Animal Husbandry, University of Brawijaya.

Daft Richard L. 2010. Era Baru Manajemen, edisi 9, penerjemah; Tita Maria Larista. Salemba Empat. Jakarta.

Dharmawan, D. I. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kelompok Referensi terhadap Citra Institusi serta dampaknya pada Proses Pengambilan Keputusan Mendaftar Ke Perguruan Tinggi (Survei pada Mahasiswa Tingkat Pertama Politeknik Di Lingkungan Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten)(Doctoral dissertation,Unpas).

Fandi Tjiptono, (2008), Strategi Pemasaran, ed.3, Andi, Yogyakarta.

Farida Jasfar. (2010). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Penerbit GHALIA INDONESIA. Bogor.

Kotler Philip, Keller Kevin Lane. 2012. Marketing Management ed.14. Prentice Hall

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 2004, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1, dialihbahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Rambat dan A Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

M. Arafat Imam G. 2015. Leader University-step by step leader. Kim Ara Holding Group

Mullins, Orville, Larreche dan Boyd. 2005. Marketing Management : A Strategic,. Decision Making Approach, 6 th edition. Penerbit McGraw-Hill. New York City.

N.irawati. (2008). Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 1 No. 2. Universitas Sumatra Utara. Medan

Ratih Hurriyati. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV.Alfabeta.Bandung

Sanusi Hamid. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Deepublish. Yogyakarta.

Published
2019-06-28
How to Cite
Dhany Isnaeni Dharmawan, Yuyun Taufik, & Elly Watti Noorhan. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Physical Evidence Terhadap Brand Image Politeknik LP3I Bandung. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(1), 22-40. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i1.228