Transformasi Digital UMKM: Peran Expert System dalam Meningkatkan Daya Saing
Abstract
Makalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran krusial dalam perekonomian Indonesia. Namun, persaingan global dan digitalisasi yang semakin pesat menuntut UMKM untuk bertransformasi guna meningkatkan daya saing mereka. Penelitian ini menganalisis penerapan sistem pakar dalam proses transformasi digital UMKM dan bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi operasional serta pengambilan keputusan bisnis. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi dari berbagai UMKM yang telah mengadopsi sistem pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pakar mampu meningkatkan efisiensi manajemen stok, mempercepat proses pengambilan keputusan, serta meningkatkan kualitas layanan pelanggan melalui otomatisasi. Namun, tantangan seperti keterbatasan literasi digital, infrastruktur yang belum memadai, dan biaya implementasi masih menjadi kendala utama dalam adopsi sistem pakar oleh UMKM. Oleh karena itu, diperlukan dukungan kebijakan, edukasi digital, serta kolaborasi dengan penyedia teknologi agar UMKM dapat lebih optimal dalam memanfaatkan sistem pakar untuk meningkatkan daya saingnya di era digital.
Downloads
References
Angraini, D., Riady, Y., Pratama, A., Sadria, A., Inggris, P. B., Jambi, K., Jambi, U., Jambi, K., Jambi, U., Jambi, K., Jambi, U., & Jambi, K. (2024). TRANSFORMASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO , KECIL , DAN MENENGAH ( UMKM ) INDONESIA : EKLEKTIK : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 7(2), 132–142.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3, 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (3rd ed.). Pustaka Pelajar.
Hayes-Roth. (1984). Knowledge-Based Expert Systems. Computer, 17(10), 263–273. https://doi.org/10.1109/MC.1984.1658976
Hermawan, M. S., Burhanudin, & Thoha, N. (2021). Resistensi atau Resiliensi untuk Perubahan; Sebuah Studi Eksplorasi Sumber Daya Manusia pada UKM kuliner di Indonesia.
Hidayat, I., Qurotulaini, D. L., Safitri, N. A., & Novitasari, R. (2024). Transformasi Digital Pada UMKM di Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang Pada Akses Pembiayaan. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10 SE-Articles), 7413–7414. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1992
Metaxiotis, K., & Psarras, J. (2003). Expert systems in business: applications and future directions for the operations researcher. Industrial Management & Data Systems, 103(5), 361–368. https://doi.org/10.1108/02635570310477
Novi Algi Alviani, & Munawaroh Munawaroh. (2025). Transformasi Digital pada UMKM dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar . MASMAN Master Manajemen, 3(1 SE-Articles), 134–140. https://doi.org/10.59603/masman.v3i1.717
Nuraeni, N., Setiawan, A., Wahyudi, & Supratikta, H. (2024). Internet of Things dan Sistem Pakar: Memperkuat Kesiapan Sumber Daya Manusia dalam Transformasi Kesehatan Digital. HUMANIS (Prosiding Humaniora, Manajemen Dan Sains), 4(2), 1376–1381.
Putra, T. W. A., Solechan, A., & Hartono, B. (2023). Transformasi Digital Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar. Jurnal Informatika Upgris, 9(1), 7–12. https://doi.org/10.26877/jiu.v9i1.15096
Ratnawita, R. (2023). Digital Transformation in Business Management: Opportunities, Challenges and Implications. Return : Study of Management, Economic and Bussines, 2, 962–968. https://doi.org/10.57096/return.v2i9.158
Suyanto, B., Sugihartati, R., Egalita, N., Mas’udah, S., Singgih, D. S., & Sudarso, . (2023). Digital literacy and survival mechanism of micro-small enterprises in practicing sharing economy. Cogent Social Sciences, 9(2), 2245691. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2245691
Tarigan, M. (2023). Rendahnya Tingkat Literasi Digital Jadi Tantangan Digitalisasi UMKM. Tempo.Co. https://www.tempo.co/ekonomi/rendahnya-tingkat-literasi-digital-jadi-tantangan-digitalisasi-umkm-224455
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.
Yuanda, L., & Kristriantoro, F. (2024). ANALISIS TRANSFORMASI PENERAPAN E-BUSINESS PADA. AL-HASYIMIYAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 03(01).