Pengaruh Gaya kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan di Politeknik LP3I Bandung

  • Milla Marlina
Keywords: gaya kepemimpinan, motivasi dan kualitas pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana gaya kepemimpinan, motivasi dan kualitas pelayanan serta pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan kualitas pelayanan di Politeknik LP3I Bandung, baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey deskriptif dan metode verifikatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan ) dan motivasi ), sedangkan variabel dependennya adalah kualitas pelayanan (Y). Responden yang digunakan adalah mahasiswa dan karyawan di Politeknik LP3I Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 118 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random
sampling dengan bantuan Slovins . Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.Instrumen utama penelitian adalah kuesioner yang diuji validitasnya menggunakan Product Moment Pearson dan realibilitasnya dengan menggunakan -Cronbach. Untuk menguji hipotesis digunakan statistik yaitu analisis jalur (path analysis), pengujian signifikansi secara simultan menggunakan uji F, dan secara parsial menggunakan uji t dengan bantuan software application system SPSS. Hasil analisis menunjukkan gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di Politeknik LP3I Bandung baik secara parsial maupunsimultan

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

AntoDajan, 2008.,PengantarMetodeStatistik, Jilid 1, Pustaka LP3ES, Jakarta

Arikunto, Suharsimi., 2006.,ProsedurPenelitian : SuatuPendekatanPraktikEdisiRevisi VI, Jakarta : PT.RinekaCipta

Brantas, 2008. Dasar-dasar Manajemen. Bandung : CV Alfabeta .

Chaniago, Aspizain, 2010. Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta : Lentera Ilmu Cendekia.

Danim, Sudarwan, 2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Gasperez,Vincent ,2007 . Model StrategikMenuju World Class Quality Company. Jakarta : PT. Gramedia

Ghozali,Imam 2005., Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gujarati, Damodar N., 2003, Basic Econometrics, Fourth Edition,New York: Mc.Graw Hill,.

Handoko,Hani T. ,2002. Manajemen . Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta .

Harun Al-Rasyid, 2001., Statistika Sosial, Bandung: PPsUniversitas Padjajaran.

Husein Umar, 2003.,MetodeRisetBisnis, PT GramediaPustakaUtama, Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. ManajemenPemasaran di Indonesia :Analisis, PerencanaanImplementasidanPengendalian. SalembaEmpat. Jakarta

_____________ ,2009. Manajemen Pemasaran 13e. . Bandung : Erlangga

_____________, 2012. Marketing Management 14e. . England : Pearson Education limited

M. Iqbal Hasan, 2002.,Pokok-pokokMateriMetodologiPenelitiandanAplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Margono, S., 2010., Metode Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Mathis, Robert L. ,2006. Manajemen Sumber Daya Manusia 10e. Jakarta : Salemba Empat

Patilima,Hamid ,2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : CV.Alfabeta.

Pfeffer, Jeffrey . 2008. ParadigmaBaruManajemenSumberDayaManusia. Yogyakarta : Amara Books

Prabu Anwar Mangkunegara, 2004.,ManajemenSumberDayaManusia Perusahaan, PT. RemajaRosdakarya, Bandung.

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro, 2013., Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis, Cetakan kelima, Bandung: CV.Alfabeta.

Sedarmayanti, 2011. Metodoligi Penelitian. Bandung : Mandar Maju.

Siagian,Sondang P.,2004.Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : PT.Rineka Cipta

Sugiyono, 2012 . Statistika untuk Penelitian . Bandung : CV.Alfabeta.

Supranto,limakrisna ,2013. Petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah untuk Menyusun Skripsi,Tesis, dan Disertasi edisi 2. Jakarta :Mitra Wacana Media.

Surakhmad,winarno, 2007. Pengantar Penelitian Ilmiah : Dasar,Metode dan tekhnik . Bandung ; PT. Tarsito.

Thoha,Miftha , 1995 . Kepemimpinan dalam Manajemen . Jakarta : PT. Rajawali Press

____________, 2007 . Kepemimpinan dalam Manajemen . Jakarta : PT. Rajawali Press

Timpe,Dale , 1993. Seri Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis Memotivasi Pegawai. Jakarta : PT Gramedia.

Tjiptono, Fandy , 2001. Strategi Pemasaran Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi Ofset

____________, 2007.StrategiPemasaran. EdisiPertama. AndiOfset. Yogyakarta

Ulrich,Dave . 2008. Human Resources Champions Kiat Menjadi Profesional SDM Handal. Yogyakarta : Tugu Publisher

Winardi, J. ,2011. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Published
2019-06-28
How to Cite
Milla Marlina. (2019). Pengaruh Gaya kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan di Politeknik LP3I Bandung. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(1), 1-21. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i1.224