Canva Magic: Menggali Perilaku Pengguna dalam Membangun Brand Identity UMKM Bandung di Era Digital

  • Panji Pramuditha Politeknik LP3I
  • Budi Harto Politeknik LP3I
  • Neng Siti Lutfia Alfani Kurnia Sari Politeknik LP3I
Keywords: Canva, Brand Identity, MSME, User Behavior, Platform Graphic Design

Abstract

This research focuses on the challenges faced by Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Bandung in creating a strong identity in the digital era. There are many MSMEs that struggle to create attractive and effective promotional content, so they need tools that can help them in the design process. The purpose of this study is to find out how MSMEs can use the Canva application to improve their design skills and strengthen their identity. The method used in this research is a quantitative approach by distributing questionnaires to 100 MSME employees who use Canva. The data was analyzed to determine the frequency of application use, the most frequently used features, and the impact of Canva on user identity development. The findings showed that after attending Canva training, MSMEs experienced a significant improvement in terms of the ability to create visually appealing content. In addition, Canva is quite effective in increasing the visibility and position of MSMEs on digital platforms.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Karim & Dwika Asrani. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 279–285. https://doi.org/10.47065/jpm.v4i3.1582

Abdul Kholik, Asep Soegiarto, & Wina Puspita Sari. (2024). Strategi Komunikasi Visual dalam User Interface (UI) dan User Experience (UX) Untuk Membangun Kepuasan Pengguna. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 2(4), 335–344. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i4.1358

Afifah, H., Sumaya, P. S., Handayani, J., & Hasibuan, R. R. (2024). Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Pemasaran Pada Umkm Gula Semut Kelapa Di Banyumas Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Era Digital.

Alamsyah, A. I. S. (2024). Peran Aplikasi Canva Dalam Mendukung Umkm Bersaing Di Era Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 8(2), 343. https://doi.org/10.52362/jisamar.v8i2.1448

Ariska, Y. I., Yustanti, N. V., & Sari, D. R. (2023). Pendekatan Bisnis Model Canva dalam Analisis Strategi Pengembangan Usaha UMK KeriptaL Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1). https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3443

Azis, M. S., Safitri, J. E., No, J. R. J., & Timur, J. (2024). Pelatihan Pembuatan Logo Kreatif untuk Produk UMKM Menggunakan Canva. 3(1).

Bengu, H., Kelin, S. P., & Hadjon, R. P. (2024). Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan Umkm Di Era Digital.

Budi Harto, Abdul Rozak, & Arief Yanto Rukmana. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1), 67–74. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1.546

Budi Harto, Panji Pramuditha, Arief Yanto Rukmana, Harnavela Sofyan, Hana Rengganawati, Andina Dwijayanti, & Teti Sumarni. (2023a). Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif Pada UMKM Kota Bandung. KOMVERSAL, 5(2), 244–261. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i2.1499

Budi Harto, Panji Pramuditha, Arief Yanto Rukmana, Harnavela Sofyan, Hana Rengganawati, Andina Dwijayanti, & Teti Sumarni. (2023b). Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif Pada UMKM Kota Bandung. KOMVERSAL, 5(2), 244–261. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i2.1499

Catubig, M. J. A., B. Kilat, R. V., Laurito, M. E., Patoc, T. M. T., & Valle, L. C. (2024). Visual Literacy in the Lived Experiences of BSED Students in Utilizing Canva. Journal of Educational and Social Research, 14(4), 117. https://doi.org/10.36941/jesr-2024-0090

Clarence, C., Yulianti, Y., Halim, C., Sari, P. R., & Keni, K. (2021). Dilematis Antara Pemasaran Tradisional Dengan Pemasaran Digital Terkait Perubahan Perilaku Konsumen: Studi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 362. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.13237

Damayanti, E., Chanifah, D. N., Pricellia, S. T., Setianingsih, R. M., Ramadhani, T. D., Tyas, E. P. F., Ningrum, A. S. A., Istianatillah, T., & Sugiarto, S. (2024). Pendampingan UMKM dalam Pendaftaran NIB melalui sistem OSS (Online Single Submission) sebagai Langkah Strategis Menuju Kemandirian dan Keberlanjutan Usaha di Kota Kediri. 2(3).

Darojat, A. R., & Lestari, W. D. (2024). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Produk Pakaian Dalam Pada Platform Tiktok). 08(04).

Devi Khoiriyah & Jojok Dwiridotjahjono. (2023). Optimalisasi Pemasaran Produk Melalui Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Branding Dan Pendampingan Media Sosial Instagram Pada UMKM Catering “Miss Tote” Di Kelurahan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 2(3), 40–52. https://doi.org/10.59059/jpmis.v2i3.230

Dewi, K. R. K., Harini, N. N. P., & Ananta, P. A. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Promosi Kreatif dan Inovatif Pada Era Digital.

Fahdillah, Y., & Rahayu, N. (2024). Pelatihan Desain Dengan Canva Untuk Meningkatkan Promosi Pada Umkm Tuku Sambal (Focus Group Discussion). 3 No.1.

Fatimah, F., Darna, D., Metekohy, E. Y., & Nuraeni, Y. (2024). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Promosi Produk UMKM Kota Depok. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 289–296. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v8i2.7503

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Fitriani, R., & Sultan, M. A. (2019). Model Bisnis Kanvas Sebagai Solusi Inovasi Bagi Yang Kecil Bisnis.

Handayani Parinduri, S. (2023). Manfaat Canva untuk Melatih Kreativitas Pembuatan Mind Map Mata Kuliah Alat-Alat Ukur dan Instrumentasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ), 2(2), 51–61. https://doi.org/10.58466/intern.v2i2.1171

Harto, B., Pramuditha, P., Dwijayanti, A., Lina Parlina, & Sofyan, H. (2023). Strategi Bisnis Berkelanjutan Melalui Inovasi Model Operasional Di Era Digitalisasi Bisnis. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 9(2), 243–251. https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i2.1677

Harto, B., Pramuditha, P., Marhanah, S., Juliawati, P., & Yanto Rukmana, A. (2025). Mendorong Kesuksesan Transformasi Digital UMKM ADZ Craft Melalui Harmonisasi Digital (Digital Marketing, Adopsi Teknologi Digital, Literasi Digital, Kapabilitas Digital). IKRA-ITH ABDIMAS, 9(1), 202–214. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v9i1.4148

Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2022). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9–15. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2399

Hasibuan, R. R., Darmawan, A. R., Afifah, H., Permana, I. S., Masrokhah, S., Suciningtyas, S., & Sumaya, P. S. (2024). Pemanfaat Media Sosial Dalam Pemasaran Produk Umkm Di Kabupaten Banyumas. 2.

Kaharuddin Kaharuddin, Yurdi Maulidani, Mihani Mihani, Saiful Saiful, & Nuridha Matiin. (2024). Implementasi Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Sanggatta Utara,Kalimantan Timur. Kolaborasi : Jurnal Hasil Kegiatan Kolaborasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 56–71. https://doi.org/10.62383/kolaborasi.v2i2.141

kumar, never. (2024). Data pengguna canva. Statistik Canva 2024 — Data Pengguna & Pendapatan. https://www-demandsage-com.translate.goog/canva-statistics/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Kurniawan, H., Umamah, R., Zuhrah, N., & Mahdalena, V. (2024). Tantangan Terbesar dalam Pembangunan Berkelanjutan: Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan yang Rendah di Kalangan Masyarakat di Kota DKI Jakarta.

Kusumaningrum, D. A., Pangestu, N. D., Yolanda, D., & Putra, R. H. O. (2021). Strategi Usaha Mikro Kecil (UMK) Kuliner Menghadapi Pandemi Covid-19 di Jakarta. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(6), 551. https://doi.org/10.32493/drb.v4i6.14536

Larasati, G., & Roidah, I. S. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pembuatan Konten Gambar Sebagai Upaya Promosi Produk Umkm Di Media Sosial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Larasati, G., & Roidah, I. S. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pembuatan Konten Gambar Sebagai Upaya Promosi Produk Umkm Di Media Sosial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Lestari, J., Octaviani, V., & Sari, S. (2024). Canva Sebagai Media Desain Untuk Promosi Content Creator. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 11(1). https://doi.org/10.37676/professional.v11i1.5715

Luthfiyah, N. D., Putry, W. E., Putri, N. S., Kansa, A., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Perencanaan Dan Strategi Bisnis Yang Efektif Dalam Era Digital Menghadapi Tantangan Bisnis Modern.

M Khoirul Nur Rokhim, S. P. (2024). Pelatihan Desain Produk, Bahan Dan Bentuk Kemasan Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Arjuna’s Cake. Zenodo. https://doi.org/10.5281/ZENODO.13932548

Maskhulin, P. I. A., Setyawan, W. P., Andarini, D. S., Si, M., Kusumasari, I. R., Sos, S., & Si, M. (2024). Memahami Dan Mengelola Risiko Bisnis Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis.

Mubarok, F. S. (2023). Penerapan Prinsip Gestalt Dalam Desain Visual Untuk Meningkatkan Memori Dan Pemahaman Pesan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 11(2), 152. https://doi.org/10.30659/jikm.v11i2.33002

Nasution, R. A., Syahriza, R., & Daulay, A. N. (2024). Analisis Keberlanjutan Usaha Kecil Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Rumah Makan Holat Suka Rame Kec. Sungai Kanan, Kab. Labuhan Batu Selatan). 8.

Natsir, K., Bangun, N., Alodia, N., & Rahmat, B. I. (2024). Perancangan Konten Video Promosi Produk Umkm Menggunakan Aplikasi Berbasis Ai. 2(3).

Novita Yuliana, Kusuma, T. H., & Dwi Puji Ratnawati. (2024). Pemberdayaan Sdm Umkm Dalam Menunjang Wirausaha: Pelatihan Desain Kreatif Dan Promosi Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(3), 259–266. https://doi.org/10.70248/jpmebd.v1i3.1324

Nur, A., & Majid, A. R. (2024). Penelitian Penggunaan Aplikasi Canva Bagi Mahasiswa.

Pebriani, R. A., Syafitri, L., & Yustini, T. (2024). Optimasi media sosial dan desain kemasan produk sebagai pendorong pertumbuhan usaha di Desa Kemang.

Pratama, A., Idhom, M., Mawardi, A. I., & Suryantari, P. A. (2024). Pengembangan Strategi Terpadu untuk Meningkatkan Kualitas Branding Produk UMKM Binaan BUMDESA Sido Makmur. 5(4).

Pratama, A., & Retnasary, M. (2024). Pemanfaatan Program Canva Creator Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Studio Provo. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 11(1). https://doi.org/10.37676/professional.v11i1.6051

Putri, A., & Siska, P. (2024). Dampak Komunikasi Pemasaran melalui Emotional Advertising |terhadap Keputusan Pembelian. 4.

Rahayu, N. C., Hidayat, H. S., & Laily, D. W. (2023). Implementasi Lean Canvas Sebagai Alat Strategis Dalam Pemecahan Masalah Pada Umkm Kaamelo. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 3(3), 64–76. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i3.3163

Ramadhan, T. S., Primanto, A. B., & Normaladewi, A. (2024). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Dalam Meningkatkan Potensi Ekonomi Desa. Jurnal Abdi Insani, 11(4), 1603–1611. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i4.1944

Restu Millaningtyas. (2023). Canva Application Training As A Marketing Digitalization Medium For Smes In Dinoyo Village. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 878–887. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.14524

Sagala, P. M., Tarigan, K. M. B., Andarini, S., & Respati, I. (2024). Analisis Pentingnya Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 150–159.

Salman, S., & Deniaty Sholihah, D. (2024). Pemanfaatan Desain Banner Guna Meningkatkan Ketertarikan Konsumen Pada UMKM Kelurahan Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2179–2184. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.2536

Santoso, L., Setiawan, L., & Firdaus, M. R. (2021). Customer Relationship Marketing Application In The Coal Industry On Ship Agency Services. International Journal, 5(1).

Saputra, A., & Salim, D. S. (2024). Strategi Digital Marketing Visitudio (@Visitbogor) Dalam Komunikasi Pemasaran Restoran Bola Seafood Bali. 1.

Sebrina, N., Masdupi, E., & Syahrizal, S. (2024). Model Bisnis Berkelanjutan dan Isu Strategi Pengembangan Model Bisnis Berkelanjutan pada UKM: Tinjauan Literatur Sistematis. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), 1536. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1914

Sholeh, M., Rachmawati, Rr. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212

Taufik Bahtera, N., Darus Salam, Moh., & Prassetyo, S. (2024). Pemberdayaan UMKM di Waru Sidoarjo melalui Pelatihan Konten Kreatif, Copywriting, dan Strategi Bisnis Digital. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 4(2), 196–204. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1674

Tri Listyorini, Endang Supriyati, & Mohammad Iqbal. (2024). Branding Produk pada UMKM di PMKM Prima Kudus dengan memanfaatkan aplikasi Canva. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 380–386. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1620

Tri Wulandari & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Triwijayati, A., Luciany, Y. P., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, 2(03), 306–314. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i03.564

Uci Silvia Rahmah & Endang Iryanti. (2023). Optimasi Upaya Pendampingan UMKM untuk Meningkatkan Branding UMKM Iborajut. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 98–105. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i2.270

Vera Maria, Tesalonika Situmeang, & Robbi Fito Ardana. (2024). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Serang, Kabupaten Serang. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 2(2), 12–36. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i2.980

Wafiq Fadillah & Saida Zainurossalamia Za. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Canva. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(2), 231–240. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i2.1808

Wahyuni, N., & Harto, B. (2020). Model Template Business Plan dalam Menyiapkan Selling Document Business Matching Pemberdayaan UMKM Juara Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(2), 90–95. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i2.1536

walsh, matt. (2024). Pegguna canva berdasarkan jenis kelamin. Canva Statistics — All the Key Facts and Figures. https://www.stylefactoryproductions.com/blog/canva-statistics

Wardhana, A. (2024). BRAND IDENTITY. Eureka Meda Aksara.

Widjanarko, W., Lusiana, Y., Marhaeni, D. P., & Widodo, B. (2023). The Utilization of Social Media as Traditional Culinary Documentation in Strengthening Local Tourism: A Study on an Instagram Account of @Dinporabudpar_banyumas. Dalam D. B. Firmansyah, U. Muttaqin, A. Dhyaningrum, & T. W. S. Prasetyoningsih (Ed.), Proceedings of the International Conference on Academia-Based Tourism Revival 2022 (ABTR 2022) (Vol. 738, hlm. 251–257). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-028-2_23

Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147

Zettira, S. B. Z., Febrianti, N. A., Anggraini, Z. A., Prasetyo, M. A. W., & Tripustikasari, E. (2022a). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 99–105. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1524

Zettira, S. B. Z., Febrianti, N. A., Anggraini, Z. A., Prasetyo, M. A. W., & Tripustikasari, E. (2022b). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 99–105. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1524

Published
2024-12-31
How to Cite
Panji Pramuditha, Harto, B., & Neng Siti Lutfia Alfani Kurnia Sari. (2024). Canva Magic: Menggali Perilaku Pengguna dalam Membangun Brand Identity UMKM Bandung di Era Digital. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 10(2), 364-378. https://doi.org/10.38204/atrabis.v10i2.2173