Kualitas Sumber Daya Manusia Sebagai Faktor Pendorong Kinerja Karyawan Pada Kantor Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas
Abstract
Untuk operasi dan pelayanan di level desa, kualitas sumber daya manusia sangat penting. Studi ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran kualitas SDM memengaruhi kinerja karyawan di Kantor Desa Singajaya, yang terletak di Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Studi ini menganalisis kualitas SDM terhadap efisiensi operasional dan kinerja karyawan di kantor. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas SDM sangat berpengaruh terhadap produktivitas, layanan publik, dan efisiensi operasional. Namun, masalah kualitas sumber daya manusia termasuk keterbatasan akses ke pendidikan formal dan pendidikan lanjutan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja karyawan dan efektivitas secara keseluruhan di Kantor Desa Singajaya, sangat penting untuk mengembangkan sumber daya manusia yang terampil, berpengetahuan luas, dan sangat berdedikasi. Hasil ini memberikan fondasi untuk kebijakan dan strategi operasional yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada gilirannya akan menghasilkan peningkatan kinerja karyawan dan pelayanan di tingkat desa.
Kata Kunci : Kualitas sumber daya manusia, kinerja karyawan, kantor desa Singajaya.
Downloads
References
Aisyah, M. F., Utami, W., Sunardi, & Sudarsih. (2017). KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PROFESIONALISME KERJA, DAN KOMITMEN SEBAGAI FAKTOR PENDUKUNG PENINGKATAN KINERJA PDAM KABUPATEN JEMBER. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 131-135.
Amrullah, I. (2019). PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN DENGAN PENGENDALIAN INTERNAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris BOS SMA/SMK Kota Cilegon). Jurnal Riset Akuntansi Tirtayasa, 18-34.
Ariansyah, N., & Roni , M. (2023). PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN MOYIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT CIPTA PRIMA KONTRINDO. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 568-579.
Fibriany, F. W. (2016). PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI DEPARTEMEN SDM. CAKRAWALA: Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, 1-4.
Ginting, I., Bangun, T., Munthe, D., & Sihombing, S. (2019). PENGARUH DISIPLIN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT PLN (UNIT INDUK PEMBANGUNAN SUMATERA BAGIAN UTARA). JURNAL MANAJEMEN, 35-44.
Penambunan, J., Sambiran, S., & Kimbal, A. (2019). KUALITAS SUMBER DAYA APARATUR SIPIL NEGARA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCACATAN SIPIL DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT DI KOTA TOMOHON. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1-10.
Puryana, P., & Okta L., A. (2021). Kualitas Sumber Daya Manusia Sebagai Faktor Pendorong Kinerja Karyawan Pada Kantor Desa Cibiuk Kabupaten Cianjur. FRIMA, 430-438.
Rahmadani, F., & Sampeliling, A. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan . Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 77-86.
Sitorus, R. (2022). Pengembangan Kualitas Guru: Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Negeri 101883 Limau Manis. MAHAGURU: jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 60-71.
Suyanto, H. (2018). KEDISIPLINAN DAN KOMPENSASI DALAM MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN PADA USAHA PARIWISATA DYNASTI WATER WORLD GKB GRESIK. JEK (Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif), 81-92.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. D., & Syafitri, R. (2023). KERANGKA BERFIKIR PENELITIAN KUANTITATIF. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 160-166.
Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino. (2021). PENGELOLAAN LKP PADA MASA PENDMIK COVID-19. Journal Of Lifelong Learning, 15-22.