Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Shopee (Survey Konsumen Pada Mahasiswa Universitas Riau)

  • Indri Rizkiyani Kurnia Universitas Riau
  • Mandataris Universitas Riau
Keywords: Viral Marketing, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh viral marketing (X1) dan brand ambassador (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) pengguna e-commerce Shopee (survey konsumen pada mahasiswa Universitas Riau). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah informasi yang diperoleh langsung dari subjek yang dituju melalui penyebaran kuesioner online. Data sekunder dari penelitian ini diperoleh melalui kajian pustaka, media, artikel, berita lain yang membahas mengenai penelitian ini. Sampel yang diambil dalam penelitian ialah sebanyak 100 responden dari mahasiswa Universitas Riau yang menggunakan e-commerce Shopee. Metode Penelitian ini yakni metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis secara parsial viral marketing bepengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis secara parsial brand ambassador bepengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sementara uji F, memperlihatkan terdapat hubungan secara serentak antara variabel X dan Y sebab nilai Fhitung > Ftabel. Hasil R Square ialah 0,539. Nilai ini memperlihatkan sejumlah 53,9% variabel viral marketing dan brand ambassador memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Shopee (survey konsumen pada mahasiswa Universitas Riau) dan sisanya 46,1% berasal dari variabel lain yang tidak diteliti.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. R. Rizqullah and I. Indrawati, “the Influence of Viral Marketing Through Tiktok on Consumers’ Attitude At Shopee,” J. Glob. Bus. Manag. Rev., vol. 4, no. 1, p. 66, 2022, doi: 10.37253/jgbmr.v4i1.6369.

APJII, “APJII di Indonesia Digital Outloook 2022,” apjii.or.id, 2022. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-di-indonesia-digital-outloook-2022_857

E. Pramana, “Indonesia disebut Pemakai Aplikasi E-Commerce Terbesar Ketiga di Dunia,” JawaPos.com, 2021. https://www.jawapos.com/aplikasi/01349259/indonesia-disebut-pemakai-aplikasi-ecommerce-terbesar-ketiga-di-dunia (accessed Apr. 06, 2023).

iPrice, “Peta E‑Commerce Indonesia,” iprice.co.id, 2022. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ (accessed Apr. 06, 2023).

L. N. Azizah, “Pendiri Shopee dan Kisah Perjalanan Karirnya,” gramedia.com, 2022. https://www.gramedia.com/literasi/pendiri-shopee/amp/ (accessed Apr. 06, 2023).

R. S. Melati and R. Dwijayanti, “Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya),” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 8, no. 2, pp. 882–888, 2020, [Online]. Available: https://forms.gle/t44jvKgVK6XAiZwi8.

H.-H. Liu and Y.-N. Wang, “Interrelationships between Viral Marketing and Purchase Intention via Customer-Based Brand Equity,” J. Bus. Manag. Sci., vol. 7, no. 2, pp. 72–83, 2019, doi: 10.12691/jbms-7-2-3.

M. A. Firmansyah, Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utomo, 2018.

D. Gita and R. Setyorini, “Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan Online Zalora.CO.ID,” vol. 3, no. 51, pp. 155–166, 2016.

R. Daulay and R. E. Putri, “Analisis Faktor-Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Medan,” Pros. Konf. Nas. Ke- 8, pp. 1–6, 2018.

I. R. Puspita, A. Fadillah, and Y. Taqyudin, “Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee,” J. Apl. Bisnis Kesatuan, vol. 2, no. 1, pp. 67–74, 2022, doi: 10.37641/jabkes.v2i1.1358.

I. Fahmi, Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi, Edisi 1. Bandung: Alfabeta, 2016.

A. M. Kaplan and M. Haenlein, “Two hearts in three-quarter time: How to waltz the social media/viral marketing dance,” Bus. Horiz., vol. 54, no. 3, pp. 253–263, 2011, doi: 10.1016/j.bushor.2011.01.006.

P. Kotler and G. Armstrong, Principle of Marketing, 17th ed. London: Pearson Education, 2018.

G. Lea-Greenwood, Fashion Marketing Communications. 2012.

S. P. Wulandari, W. R. B. Hutauruk, and ..., “Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Brand Image Dan Brand Awareness,” … Manaj. Dan …, vol. 12, no. 2, pp. 127–137, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/mdb/article/view/38727

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 15th ed. London: Pearson, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

S. H. UlaAzizah, “Motivasi Belanja Fesyen Online : Perspektif Generasi Y Wanita,” 10th Ind. Res. Work. Natl. Semin., vol. 1, no. 2, pp. 789–799, 2019.

C. A. Z. Pratama, R. S. Dewi, and A. Wijayanto, “Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Wardah melalui Brand Awareness sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang),” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 59–69, 2022, doi: 10.14710/jiab.2022.33406.

N. Lailiya, “Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia,” IQTISHADequity J. Manaj., vol. 2, no. 2, p. 113, 2020, doi: 10.51804/iej.v2i2.764.

P. Diawati, R. R. Putri, H. Sugesti, L. Hakim, and R. Farizki, “Pengaruh brand ambassador dan viral marketing terhadap proses keputusan pembelian pada konsumen marketplace,” JPPI (Jurnal Penelit. Pendidik. Indones., vol. 7, no. 4, p. 560, 2021, doi: 10.29210/020211245.

Published
2024-06-24
How to Cite
Indri Rizkiyani Kurnia, & Mandataris. (2024). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Shopee (Survey Konsumen Pada Mahasiswa Universitas Riau). ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 10(1), 49-56. https://doi.org/10.38204/atrabis.v10i1.1871