Design Pengembangan Transformasi Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) Menuju Creating Shared Value (CSV) Di PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI)
Abstract
Seiring perkembangan zaman, paradigma tentang perwujudan tanggung jawab sosial dan lingkungan harus berimplikasi terhadap keberlanjutan perusahaan di masa mendatang, sehingga perlu bagi perusahaan untuk memadukan kepentingan secara ekonomi serta menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungannya. Konsep CSR yang sudah dijalankan oleh PT HMMI sudah berjalan efektif, namun perlu dikembangkan strategi yang dapat mengakomodasi kewajiban menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan kepentingan secara ekonomi sesuai dengan strategi perusahaan melalui perencanaan konsep creating shared value (CSV). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan program CSR yang akan bertransformasi menjadi konsep CSV di PT HMMI. Setelah berdiskusi dengan HMC sebagai mother company, ide penerapan konsep CSV diharapkan memberi nilai tambah secara ekonomi atau bisnis bagi perusahaan. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh dari hasil wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan dari program-program CSR yang sudah dilakukan mencakup aspek ekonomi, sosial, kesehatan, lingkungan dan pendidikan, terdapat 2 program CSR yang dapat bertransformasi menjadi konsep CSV yaitu pembuatan TPS3R (waste recycle center) dan program HAC (Hyundai Academic Course). Hal ini dikarenakan sesuai dengan visi misi CSR PT HMMI, indikator elemen CSV, dan berkesinambungan untuk jangka panjang.
Downloads
References
Awale, & Rowlinson. (2014, September 1-3). A Conceptual Framework for Achieving Firm Competitiveness in Construction : A Creating Shared Value (CSV) Concept. Association of Researchers in Construction Management, Pages 8-10.
Azheri, B. (2011). Corporate Social Responsibility (Dari Voluntary Menjadi Mandatory). Journal Social Responsibility of Business, Hal. 35.
Crane, A., Matten, D., & Spence, L. (2014). Corporate Social Responsibility : Reading and Cases in a Global Context. London : Routledge.
Dr. H. Suripto, S. M. (2022). Pengungkapan Creating Shared Value (CSV) : Konsep dan Implikasinya. Bandung, Jawa Barat: Widina Media Utama.
Humairoh, Z. (2019). Penerapan Konsep Creating Shared Value (CSV) Dalam Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan antara PT Great Giant Pineapple (GGP) dan Petani Pisang Di Tanggamus. Fakultas Hukum Universitas Lampung, Hal. 6.
Lapina, Borkus, & Starineca. (2012). Corporate Social Responsibility and Creating Shared Value : Case of Latvia. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business, and Industrial Engineering, 6, (8).
Manan, A. (2020, September 01). Implementasi Creating Shared Value (CSV) Dalam Perumusan Kebijakan Departemen CSR Di PT Semen Gresik Pabrik Rembang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Hal. 1.
Naomi, P., Mayasari, I., Wiadi, I., & Maharani, A. (2015). PELAKSANAAN PROGRAM CREATING SHARED VALUE (CSV) NESTLÉ PADA PETANI KOPI DI LAMPUNG. Magister Manajemen Universitas Paramadina, Hal. 1.
Otoritas Jasa Keuangan. (2012, July 16). sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Documents/UU-40-2007/PERSEROAN TERBATAS.pdf. Retrieved from www.ojk.go.id: ttps://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Documents/5.%20UU-40-2007%20PERSEROAN%20TERBATAS.pdf
Porter, E. M., & Kramer, R. M. (2011). Creating Shared Value (CSV). USA: Harvard Business Review.
PRide. (2015, Januari 05). PRide/Public Relation/CSR/Mengupas CSR dalam Konsep dan Sejarah. Retrieved from https://pride.co.id: https://pride.co.id/mengupas-csr-dalam-konsep-dan-sejarah/
Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR. Gresik : Fasco Publishing.
Wida, S. (2017). Analisis Implementasi CSR terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Raden Intan, Hal. 5-6.
Yoga, I. K., Sunaryo, & Wardani, Y. K. (2018). Implementasi Konsep Creating Shared Value (CSV) sebagai Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Peningkatan Kesejahteraan Stakeholder (Studi pada PT Nestle Indonesia Panjang Factory). Pactum Law Journal, 1, No. 3.
Yogasrini, M. (2018). Implementasi Creating Shared Value (CSV) Pada PT Holcim Indonesia Tbk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Brawijaya, 6, (1).