Strategi Promosi Investasi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i2.1817Keywords:
investasi, promosi, strategiAbstract
Strategi promosi mengenai investasi merupakan hal yang penting bagi Kota Bandung dalam meningkatkan minat dan iklim investasi. Strategi promosi yang dilakukan DPMPTSP mengacu pada Peraturan Menteri Investasi/Kepala BKPM Nomor 3 Tahun 2019 tentang pedoman dan tata cara promosi penanaman modal, diantaranya adalah publikasi, pameran, business forum, serta publisitas sebagai strategi tambahan dalam menarik investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi investasi yang dilaksanakan oleh DPMPTSP Kota Bandung, beserta hambatan yang dihadapi dan solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis dan pembahasan masalah, penulis memperoleh simpulan bahwa strategi promosi investasi yang dilakukan oleh DPMPTSP Kota Bandung berjalan dengan cukup baik.
Downloads
References
A Kotler dan Keller (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta.
Erlangga.
Pasaribu, Rowland B.F (2012). Literatur Pengajaran Ekonomi Pembangunan.
Depok. Universitas Gunadarma.
H. Abd. Rahman Rahim dan Enny Radjab (2017). Manajemen Strategi. Makassar. Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rangkuti, Freddy (2017). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis.
Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Siahaan, Bergman (2021). Strategi Promosi Investasi Untuk Mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kota Medan 2021-2024. Jurnal Pembangunan Perkotaan.
Tandelin, Eduardus (2017). Pasar modal : manajemen portofolio & investasi. (G. Sudibyo, Penyunt.) Yogyakarta. PT Kanisius.
Tjiptono, Fandy (2019). Strategi Pemasaran (ed. 7). Yogyakarta. Andi.