Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Basmalah di Gondang Wetan)
Abstract
The current developments in the business world continue to show increasing competition towards broad market domination. In developing countries, including in Indonesia, one can feel the rapid progress in the activities of companies engaged in trade, one of which is the retail business which is currently popping up not only in big cities. So that today's businessmen must seek various ways to increase sales through a variety of products to increase purchasing decisions and consumer satisfaction. This research was conducted to determine the effect of product diversity on purchasing decisions and consumer satisfaction (studies on consumers Basmalah Gondang Wetan). This type of research uses associative research with a quantitative approach, the data collection technique used is a questionnaire. The sample used in this study was 100 respondents with the sampling technique using incidental sampling. The data analysis technique in this study used Partial Least Square PLS version 4 with the SEM (Structural Equation Modeling) analysis method. The research results show that 1). Product diversity has a positive and significant effect on purchasing decisions. 2). Product diversity has a positive and significant effect on consumer satisfaction. 3). Purchase decisions have a positive and significant effect on consumer satisfaction.
Perkembangan dunia usaha saat ini terus menunjukkan adanya persaingan yang semakin meningkat ke arah penguasaan pasar secara luas. Di negara berkembang, termasuk di Indonesia, dapat dirasakan adanya kemajuan yang pesat dalam aktifitas perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan salah satunya adalah bisnis ritel yang saat ini bermunculan tidak hanya di kota-kota besar. Sehingga para pembisnis sekarang ini harus mengupayakan berbagai macam cara untuk meningkatkan penjualan melalui keragaman produk untuk meningkatkan keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui Pengaruh Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Basmalah Gondang Wetan). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik penentuan sampel menggunakan incidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square PLS versi 4 dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Keragaman Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. 2). Keragaman Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. 3). Keputusan Pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.
Downloads
References
A.A Anwar Prabul Mangkulnelgara, 2019. Manajelmeln Sulmbelr Daya Manulsia. Pelrulsahaan. Relmaja Rosdakarya, Bandulng.
Andrelw El. Sikulla Mangkulnelgara. 2003. Pelrilakul Konsulmeln. Jakarta: PT. Bulmi Aksara.
Belnson, Robelrt J. 2007. From Bulsinelss Stratelgy to IT Action, Right Delcisions for a Bottom Linel. Nelw Jelrsely: Jhon Wilely and Sons, Inc.
Darmadi, Hamid. 2011. Meltodel Pelnellitian Pelndidikan. Bandulng: Alfabelta.
Hawkins, dan Lonnely. 2014. Indikator Kelpulasan Konsulmeln. Jakarta: Binarulpa Aksara.
Indriantoro, Nulr dan Bambang Sulpomo. 2002. Meltodologi Pelnellitia Bisnis ulntulk
Akulntansi dan Manajelmeln. Eldisi Pelrtama, BPFEl, Yogyakarta.
Indrasari. (2019). Pelmasaran dan Kelpulasan Pellanggan (Pelrtama). Jawa Timulr: Ulnitomo Prelss.
Kotlelr, Philip, 1997. Manajelmeln Pelmasaran. Alih bahasa Helndra Telgulh dan Ronny Antoniuls Rulsli. Eldisi 9. Jakarta : Prelnhallindo.
Kotlelr, Philip. 2002. Manajameln Pelmasaran. Eldisi Millelniulm 1. Jakarta: Prelnhallindo.
Kotlelr, Philip, dan Kelvin Lanel Kelllelr. 2014. Manajelmeln Pelmasaran. Jilid 4, eldisi. Keltiga Bellas, Telrjelmahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Pelnelrbit Elrlangga.
Kotlelr, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pelmasaran . Jilid 1 Eldisi Kel-12. Alih Bahasa olelh Bob Sabran. Elrlangga. Jakarta.
Sulroso, I. 2007. Konselp Telori dan Telknik Melnganalisa Kinelrja Pelmasaran. Yogyakarta : Celntelr for Socielty Stuldiels.
Sulgiyono. 2009. Meltodel Pelnellitian Bisnis. Celtakan kelelmpat. Pelnelrbit Alfabelta. Bandulng.
Sulgiyono. 2014. Meltodel Pelnellitian Bisnis. Eldisi Keldellapan bellas. Alfabelta. Bandulng.
Schiffman, Lelon G. Lelsliel, Lazar Kanulk. (2007) Pelrilakul Konsulmeln. Eldisi 7. Celtakan keldula. Jakarta: Indelx.
Sulgiyono. (2012). Meltodologi Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif, dan R&D. Bandulng: Alfabelta.
Tjiptono, F. (2015). Stratelgi Pelmasaran. Eldisi 4. Jakarta: Pelnelrbit Andi.
Ulmar, Hulselin. 2005. Stuldy Kellayakan Bisnis. Eldisi Keltiga. Jakarta: Grameldia Pulstaka Ultama.
Ultami, C.W. 2010. Manajelmeln Ritell, Starelgi dan implelmelntasi Opelrasional Bisnis Ritell Modelrn di indonelsia. Eldisi 2. Sellelmba Elmpat: Jakarta.