Pengaruh Word Of Mouth, Cita Rasa dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue Ice Cream & Tea ( Survei Pada Konsumen Mixue Ice Cream & Tea di Pandaan)

Authors

  • Badrus Sholeh Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur
  • Any Urwatul Wusko Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i2.1483

Keywords:

Word Of Mouth, Taste, Product Quality and Purchase Decision, Cita Rasa, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

Abstract

This research was conducted with the aim of knowing, explaining and analyzing the influence of word of mouth variables, taste and product quality on purchasing decisions either individually or partially or together or simultaneously. The survey was conducted on Mixue Ice Cream & Tea consumers in Pandaan. This research uses multiple linear, while based on the method this research is quantitative research. In this study there are three independent variables, namely word of mouth, taste and product quality and one related variable, namely purchasing decisions. The population in this study were all consumers who visited and made purchases at Mixue Ice Cream & Tea. Due to the fact that the population size of this study cannot be known with certainty and there are limited time, effort and costs, an incidental sampling technique of 100 respondents was used. Data analysis was descriptive quantitative using a simple linear regression analysis formula which was processed using the SPSS 20 program. The results of this study indicate that: 1. There is a positive and significant influence between word of mouth on purchasing decisions. 2. There is a positive and significant influence between taste and purchasing decisions. 3. There is a positive and significant influence between product quality and purchasing decisions. 4. There is a positive and significant influence simultaneously between word of death, taste and product quality on purchasing decisions.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis pengaruh antara variabel word of mouth, cita rasa dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian baik secara individu atau parsial maupun berrsama-sama atau secara simultan. Yang surveinya dilakukan  pada konsumen mixue ice cream & tea di pandaan. Penelitian ini menggunakan linier berganda, sedangkan berdasarkan metodenya penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel bebas, yaitu word of mouth, cita rasa dan kualitas produk dan satu variabel terkait yaitu keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung dan melakukan aktivitas pembelian di mixue ice cream & tea. Dikarenakan penelitian ini jumlah populasinya tidak bisa diketahui secara pasti dan adanya keterbatasan waktu, tenaga dan biaya oleh karena itu digunakan teknik sampling insidental sebanyak 100 responden. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana yang di olah menggunakan program SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara word of mouth terhadap keputusan pembelian. 2. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara cita rasa terhadap keputusan pembelian. 3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. 4. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara word of mauth, cita rasa dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adila, S. N., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Restoran KFC Cabang Khatib Sulaiman Padang.
Adolf, L. P., Lapian, J. S., & Tulung, J. E. (2020). The Effect Of Social Media Marketing And Word Of Mouth On Purchase Decisions At Coffee Shops In Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/articl e/download/27359/26918
ALE. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 38-48.
Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). In JSMB (Vol. 6, Issue 2). http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb
Angelia, D. (2022, September 1). Indonesia Negara Paling Doyan Boba di Asia Tenggara 2022. GoodStats.
Bagus Adira Herera. 2015. Pengaruh Cita Rasa dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pemakaian Produk Kecap ABC di Kecamatan Babab dan Ponorogo: Skripsi
Brown, J., Broderick, A. J., & Lee, N. (2007). Word of Mouth. communication: Implication for marketing.
Drummond KE & Brefere LM. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary ProfessionalÅs, Seventh Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. Page 3-4
Fakhrudin, Arif. (2021). Wor (Adolf, L. P., Lapian, J. S., & Tulung, J. E. , 2020) (Anggelia, D., 1 Seotember, 2022) (Bagus Adira Herera, 2015) (Drummod KE & Brefere LM, 2015)d of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan Pembelian. FORUM EKONOMI, 648-657.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.
Godes, D., & Mayzlin, D. (2004). Using onine conversations to study word of mouth communication. Marketing Science, 545-560.
Hosianna Ayu Hidayati. (2022). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMBENTUK KOMUNIKASI WORD OF MOUTH. Jurnal Ilmu Administrasi, 1-8.
https://katadata.co.id/rezzaaji/ekonopedia/63aa6b1704b8b/profil-mixue-perusahaan-es-krim-dan-teh-tiongkok-yang-aktif-ekspansi.
HUSNAH, A. (2023). PENGARUH HARGA, CITA RASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN MIXUE. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS , 6-16. Jurnal Ekonomi, 1-10. Jurnal Prodi Pendidikan Tata Niaga,, 1-14.
IPB, D. S. (2015, April 23). Uji Normalitas dengan Uji Kolmogorov-Smirnov. Kpm.Ipb.Ac.Id.
Kotler, dan Keller, 2012 Menajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Marketing An Introduction (13th ed.). Perason Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Marketing An Introduction (13th ed.). Perason Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management (15th ed.). United State of America: Pearson Education, Inc.
Kotler, Phillip. & Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Pahlevi, R. (2022, August 20). Mixue Memiliki Jejaring Boba Terbanyak di Asia Tenggara. Databoks.
Pahlevi, R. (2022, August 20). Mixue Memiliki Jejaring Boba Terbanyak di Asia Tenggara. Databoks.
Park, D. H., & Lee,J. (2009). eWOM overload and its effect on consumer behavioral intention depending on consumerv involvement. Electronic Commerce Research and Applications, 48-58.
Pendidikan 2, D. (2022, November 28). Uji Validitas adalah. Dosenpendidikan.Co.Id. Pendidikan Tata Niaga, 1573-1582.
Rahman, D. F. (2022, December 27). Profil Mixue, Perusahaan Es Krim dan Teh Tiongkok yang Aktif Ekspansi. Katadata.Co.Id.
Rahman, D. F. (2022, December 27). Profil Mixue, Perusahaan Es Krim dan Teh Tiongkok yang Aktif Ekspansi. Katadata.Co.Id.
Resky, Dwito. (2022). PENGARUH CITA RASA, DESAIN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN GELAS ALE-ALE.
Rinadiyana, L. R. Sutarman., Triwardani, D., Badriatin, T., & Muhammad, M. (2020). The Effect of Product Quality, Price, Place, Strategy Marketing of Purchase Decisions Cibaduyut Shoes. The Mattingley Publishing Co., Inc, 8468 – 8484.
Saleh, A. (2022, April 13). Es Krim Mixue Memang Lebih Enak daripada KFC Sundae dan McFlurry McD, kok. Shutterstock.Com.
Saleh, A. (2022, April 13). Es Krim Mixue Memang Lebih Enak daripada KFC Sundae dan McFlurry McD, kok. Shutterstock.Com.
Sari, Fitri Novita; Mulyani, Indah Dewi. (2021). Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Journal Economics and Management, 19- 27.
Sholikah, Yuyun; Edwar, Muhammad;. (2018). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN CEPAT .
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Desember 2015.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.
Sukini, Bambang Mantikei, & Yoga Manurung. (2020). “Pengaruh Word of Mouth Communication dan Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Restaurant J‟S Kitchen and Lounge Kalawa Waterpark, Palangka Raya).” Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(2), 83–97.
Sukini, Bambang Mantikei, & Yoga Manurung. (2020). “Pengaruh Word of Mouth Communication dan Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Restaurant J‟S Kitchen and Lounge Kalawa Waterpark, Palangka Raya).” Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(2), 83–97.
Suryati, A. (2022, May 21). Sejarah Mixue Sudah Ada Sejak 1997 di Tiongkok. Tribun Lampung Travel.
Udana, I. M., & Setianto, R. H. (2021). Metode Penelitian Bisnis & Analisis Data dengan SPSS (Tim Perti I, Ed.). Erlangga.
Winalda, Indira Tri; Sudarwannto, Tri. (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN . Jurnal
Wuntu, Chika Ramadhani Amelia. ( 2019). PENGARUH CITA RASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN .
Yani Restiani Widjaja. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN . Ekspansi, 71-95.
Yohanes Kunto 2014. Analisis Pengaruh Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Studi pasa rumah makan Padang Murah di Semarang: Skripsi.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Badrus Sholeh, & Wusko, A. U. (2023). Pengaruh Word Of Mouth, Cita Rasa dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue Ice Cream & Tea ( Survei Pada Konsumen Mixue Ice Cream & Tea di Pandaan). ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 9(2), 190–200. https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i2.1483