Evaluasi Pelatihan UKM Naik Kelas Pada Rumah BUMN Bandung
Abstract
SMEs have become the cog of the economy with an important role in creating employment and income for the society, requiring incubation support through incubator institutions, one of which is Rumah BUMN Bandung, which provides coaching, assistance and business development in the form of training. However, a number of problems were identified as an illustration of the training implementation in this incubator. The purpose of this study is to provide an overview about the training evaluation of SMEs Scaling Up at Rumah BUMN Bandung. The type of research used is quantitative with a descriptive survey method on a cross-sectional approach to data collected by interview, observations and scoring data of SMEs Scaling Up in 2021. The unit of analysis is Rumah BUMN Bandung with the unit of observation being carried out on a sample of 1180 SMEs Scaling Up taken by census technique. The data analysis technique was performed statistically using the frequency distributive and the mean. The results showed that generally, training of SMEs Scaling Up at Rumah BUMN Bandung based on scoring data tend not to be able to improve the business capabilities of the SMEs, although there are still some SMEs that are able to improve their business capabilities after attending training at the Rumah BUMN Bandung.
UKM telah menjadi roda penggerak perekonomian dengan peran pentingnya dalam penciptaan lapangan kerja dan pendapatan bagi masyarakat, membutuhkan dukungan inkubasi melalui lembaga inkubator salah satunya Rumah BUMN Bandung yang memberikan pembinaan, pendampingan, dan pengembangan usaha dalam bentuk pelatihan. Namun sejumlah permasalahan yang ditemukan disinyalir sebagai gambaran pelaksanaan pelatihan pada inkubator tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang evaluasi pelatihan pada UKM naik kelas di Rumah BUMN Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey deskriptif pada pendekatan cross sectional terhadap data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan data skoring UKM naik kelas tahun 2021. Unit analisis adalah Rumah BUMN Bandung dengan unit observasi dilakukan pada sampel sebesar 1.180 UKM naik kelas yang diambil dengan teknik sensus. Teknik analisis data dilakukan secara statistika menggunaan distributif frekuensi dan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan UKM naik kelas pada Rumah BUMN Bandung cenderung belum dapat meningkatkan kapabilitas usaha dari UKM binaanya, meskipun masih ada beberapa UKM yang mampu meningkatkan kapabilitas usahanya setelah mengikuti pelatihan di Rumah BUMN Bandung.
Downloads
References
Martiningtyas, N. (2017). Implementasi Model Kirkpatrick Dalam Evaluasi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Fasilitator Kota Dalam Pendampingan Penyusunan Dokumen Perencanaan Sanitasi. MEDIA MAHARDHIKA: Media Komunikasi Ekonomi Dan Manajemen, 91-99.
Ministry of Interior and Japan International Cooperation Agency. (2016). Manual on Training Evaluation. Diambil kembali dari www.jica.go.jp: https://www.jica.go.jp/Resource/project/cambodia/0601331/pdf/english/5_TrainingEvaluation.pdf
Peraturan Gubernur No.79 tahun 2015. (2015). Pencetakan Seratus Ribu Wirausaha Baru Di Daerah Provinsi Jawa Barat. Bandung: Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021. (2021). Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Menteri Hukum dan HAM RI.
Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja). Jakarta: Jakarta Bumi Aksara.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sutandi, Vikaliana, R., Hidayat, Y. R., & Evitha, Y. (2020). Strategi Peningkatan Kinerja UMKM Melalui “UMKM Naik Kelas” pada UMKM di Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 159-163.
Utomo, A. P., & Tehupeiory, K. P. (2014). Evaluasi Pelatihan dengan Metode Kirkpatrick Analysis. Jurnal Telematika, 37-41.
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 59-66.
Wirawan. (2012). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.