Peran Metode Smart Address dalam Mengurangi Failed Return pada Perusahaan Berbasis E-Commerce (Studi Kasus PT. XYZ)
Abstract
E-commerce merupakan suatu wadah bagi penjual dan pembeli untuk bertransaksi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Dalam menjalankan proses bisnisnya, perusahaan e-commerce berlomba-lomba untuk memberikan layanan pengiriman terbaiknya bagi penggunanya. Namun, tak jarang kerap kali terdapat masalah layanan pengiriman yang timbul, salah satunya adalah failed return. Failed return merupakan gagalnya proses pengiriman kembali kepada penjual, hal ini mempengaruhi kepuasan penjual yang bermitra pada perusahaan e-commerce besar di Indonesia yaitu PT. XYZ. Hal ini menjadi fokus penulisan dikarenakan performa yang diberikan oleh penjual terhadap layanan retur masih dibawah rata-rata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu terkait latar belakang terjadinya failed return dan strategi dalam menanggulanginya. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus yang pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan diakhiri dengan analisis data. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa perlunya validator sebagai salah satu upaya untuk mengurangi failed return, yang disebut smart address. Fitur yang ada pada metode smart address ini dinilai dapat menjadi solusi bagi PT. XYZ dalam meminimalisir failed return dan meningkatkan kepuasan penjual.
Downloads
References
[2] Ahyuna, Hamzah, M. D., & HM, M. N. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalagan Usaha di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 30–40. http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/346
[3] Aisya, N. N., & Urumsah, D. (2021). Determinan Intensi Retur Pembelian E-Commerce di Indonesia: Model Konseptual. National Conference on Accounting & Finance, 1-12. Retrieved from National Conference on Accounting & Finance.
[4] Anggaranie, G. (2017, Agustus 3). PERKEMBANGAN E-COMMERCE BESERTA KLASIFIKASINYA. https://supplychainindonesia.com/wp-content/files/SCI_-_Artikel_Perkembangan_E-Commerce_Beserta_Klasifikasinya.pdf
[5] Fatimah, S. (2022). ANALISIS PENGARUH FLASH SALE DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN RETUR PADA SHOPEE.
[6] Hidayat, T. (2019). PEMBAHASAN STUDI KASUS SEBAGAI BAGIAN METODOLOGI PENELITIAN. Jurnal Study Kasus.
[7] Hossain, A., Jamil, A. Al, & Rahman, M. (2018). Exploring the key factors influencing consumers’ intention, satisfaction and loyalty towards online purchase in Bangladesh. International Journal of Economics and Financial Research, 4 (7): 214–225.
[8] Izzudin, I. A., Ernawati, D., & Rahmawati, N. (2020). Analisa dan Mitigasi Risiko pada Proses Supply Chain dengan Pendekatan House of Risk di PT. XYZ. Juminten : Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi, 129-140.
[9] Otoritas Jasa Keuangan. (2022, Februari 21). Penguatan Infrastruktur Digital Dukung E-Commerce Lebih Sustain. Retrieved from OJK Institute: https://www.ojk.go.id/ojk-institute/id/news/read/855/penguatan-infrastruktur-digital-dukung-e-commerce-lebih-sustain#:~:text=Hasil%20survei%20We%20Are%20Social,internet%20di%20Indonesia%20berbelanja%20online.
[10] P.J. Joseph, S. (2023). E-Commerce : An Indian Perspective, Seventh Edition. PHI Learning Pvt.Ltd.https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=G8fAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=ecommerce&ots=Rf_FCVeQzP&sig=8hsMxadG04wkynFgbAs6bKP35cg&redir_esc=y#v=onepage&q=e-commerce&f=false
[11] Pratama, H. E., & Sulistian, H. (2021). SISTEM PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN CUSTOMER SATISFACTION INDEXPADA PENJUALAN PARFUME (STUDY KASUS: PARFUME CORNER BDL) . Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 29-36. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1291/465
[12] Rakasiwie, B., & Ekasasi, S. R. (2021). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN KEPUASAN PENJUAL ONLINE PADA SITUS BUKALAPAK.COM. CAKRAWANGSA BISNIS, 173-184. http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/258/134
[13] Viu-Roig, M., & Alvarez-Palau, E. (2020). The Impact of E-Commerce-Related Last-Mile Logistics on Cities : A Systematic Literature Review. Sustainability, 1-19.
[14] Von Abrams, K. (2021). E-Commerce Forecasts 2021, Forecasts for nine markets: US, Canada, China, France, Germany, Latin America, UK, India, and Southeast Asia. Insider Intelligence. https://www.insiderintelligence.com/content/global-ecommerce-forecast-2021.
[15] Wijayanti, R. M., Saidan, B., & Fidhyallah, N. F. (2021). Pengaruh Harga dan Kepercayaan pada Jasa Pengiriman X terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 150-159. http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/194/193
[16] Yin, Robert K. 1996. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.