Analisis Strategi Pemasaran VHO Syariah yang Diterapkan Emaki Al-Ma'Some Resort Lembang

  • Superwiratni Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Ita Karnita Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Sri Marini Akademi Pariwisata NHI Bandung
Keywords: Hotel syariah, Virtual Hotel Operation, SWOT,Occupancy

Abstract

Hotel dikategorikan menjadi dua macam jenis yaitu hotel conventional dan hotel berbasis syariah dimana untuk meningkatkan occupancy dijaman teknologi yang sudah maju dengan mengoptimalkan ecommerce yang salah satunya adalah Virtual Hotel Operation yang berbasis syariah.

Untuk meningkatkan pangsa pasar maka perusahaan perlu menerapkan strategi bersaing dengan menggunakan metode SWOT, yakni suatu strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui sejauh mana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan,pangsa pasar. Hal ini perlu dilakukan oleh perusahaan mengingat bahwa persaingan dengan perusahaan pesaing yang bergerak di bidang usaha yang sama sangat ketat, sehingga perusahaan perlu menyusun strategi yang dapat meningkatkan pangsa pasarnya. Salah satu hotel syariah di Lembang yang bekerjasama dengan virtual hotel oprasional RedDoorz Syariah adalah Emaki Al-Ma’some Resort syariah.

 Menurut Freddy Rangkuti (2008), analisis SWOT adalah identifikasi dari berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat juga meminimalkan kelemahan (Weakness) dan ancaman (Threats).

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, S. 2009. Manajemen Pemasaran,Dasar konsep dan Strategi.Jakarta: Rajawali Pers.
Alma, Bukhari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan ke enam. Bandung: Alfabeta.
Agung Permana Budi. 2013. Manajemen Marketing Perhotelan, , Yogyakarta:CV Andi offset
Agung Nugraha, pelaksanaan perjanjian kerjasama dalam pengelolaan hotel antara sofyan hotel dengan saka hotelAhmad Wardi Muslich. 2010. Fiqih Muamalat. Jakarta:Amzah
Basu Swastha, dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Keempat. Yogyakarta: Liberty.
Elitery.“Transformasi Digital Sektor Perhotelan Merupakan Kebutuhan”.Diakses 12 Mei 2023 pukul 09.05 WIB.https://www.elitery.com/id/transformasi-digital-sektor-perhotelan/.
Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta.
Fatwa (DSN-MUI) NO:108 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah
FlyingEagle.“ApaManfaatTransformasiDigitalPadaIndustriPerhotelan”.Diakses 24 Mei 2023 pukul11.00WIB.https://perantara.net/apa-manfaat-transformasi-digital/.
Grant, M. Robert.dkk. 1999. Strategic Manajement. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Keputusn Direktorat Jendral Pariwisata Nomor:Kep.06/K/Vi/97 Tentang Pelaksanaan Ketentuan Usaha Jasa Manajemen Hotel Jaringan Internasional M.Nasir. 1995. Metode Penelitian. Jakarta:Ghalia Indonesia
Kotler,P. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi II. Jakarta: PT Indeks.
Kompas.com.“Masih Belum Tau Airy Rooms Itu apa?Temukan Jawabannya diSini ”Diakses24Mei2003pukul12.05WIB.ttps://biz.kompas.com/read/2016/08/25/081500928/masih.belum.tahu.airy.rooms.itu.apa.temukan.jawabannya.di.sini.
Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani.2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba empat.
Miscellaneous. “AirBnB: Itu Apasih?”. Diakses 24 Mei 2023 pukul 13.30
WIB. https://www.pergidulu.com/airbnb-itu-apa-sih/
Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT: Teknik membedah kasus bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
RedDoorz.“RedDoorz:Untuk Kalian Yang Belum Mengenal Kami”.Diakses 18 Mei 2023 pukul12.10WIB.https://blog.reddoorz.com/2017/03/10/reddoorz-untuk-kalian-yang-belummengenal-kami/
Rizka Saputri, skripsi: “tinjauan hukum islam tentang praktik pengelolaan hotel syariah” (lampung: UIN Raden Intan,2017)
Saturday, Ade. 2011. Analisis Strategi Pemasaran Jasa pada Hotel Misiliana di Kabupaten Toraja Utara. Skripsi. Makassar : Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.
Suryatama, Erwin. 2014. Lebih Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Cetakan pertama. Surabaya: Kata Pena.
Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Umar, Husein. 2002. Strategic Management In Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Utama, I gusti Bagus Rai dan Mahadewi, Ni made Eka . 2012. Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta: ANDI.
Yasardin. 2018. Asas Kebebasan Berkontrak Syariah. Jakarta:Prenadamedia Group
Published
2023-07-11
How to Cite
Superwiratni, Ita Karnita, & Sri Marini. (2023). Analisis Strategi Pemasaran VHO Syariah yang Diterapkan Emaki Al-Ma’Some Resort Lembang. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 9(1), 130-140. https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i1.1354