Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Studi Mahasiswa
Abstract
Tingginya animo calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi di bidang pariwisata dan perhotelan menjadikan AKPAR NHI Bandung tidak sendiri dalam hal ini. Hal tersebut menjadikan peluang untuk mendapatkan calon mahasiswa menjadi lebih sulit. AKPAR NHI Bandung harus dapat memiliki differensiasi agar menjadi prioritas calon mahasiswa. Hal tersebut harus distimuli dengan menumbuhkan minat mahasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikan di program studi perhotelan. Minat merupakan perilaku konsumen yang menunjukkan sejauh mana komitmennya dalam melakukan pembelian. Diperlukan pemasaran yang baik sehingga target perguruan tinggi swasta dalam menjaring calon mahasiswa dapat lebih fokus, dan strategi pemasaran tersebut perlu di komunikasikan melalui komunikasi pemasaran yang efektif. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan dan bagaimana minat studi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa aktivitas komunikasi pemasaran dan minat studi mahasiswa. Key Informan dalam penelitian ini adalah informan internal dari 2 pengelola promosi yaitu marcom dan tim promosi, serta 15 informan sebagai narasumber eligible yang memiliki peran sebagai mahasiswa dari angkatan 2021, 2022 dan calon mahasiswa baru untuk memberi informasi mengenai minat dalam studi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif melalui proses data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan komunikasi pemasaran penting dalam meningkatkan minat studi mahasiswa sehingga berdampak terhadap keberlangsungan lembaga pendidikan pariwisata dan perhotelan.
Downloads
References
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi Offset.
Indriyanti, N., Siswandari, & Ivada, E. (2013) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi. Hal 1-11 Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Iriantara, Yosal dan Syarifudin Usep. 2018. Komunikasi Pendidikan, cet.2, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Julianti Ni Luh. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserba Nusa Permai Di kecamatan Nusa Penida. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.Vol.2 No. 1
Kemenperindo.go.id. (2016). Lima Menteri Teken MoU Pengembangan Pendidikan Vokasi. https:www.kemeperindo.go.id. Diakses Tanggal 10 September 2020.
Kotler, Bowen, dan Makens. (2014). Manajemen Pemasaran, Jakarta : Erlangga.
Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif.. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Bandung.
Muhammad, Farouk dan H. Djaali. (2005). Metodologi Penelitian Sosial Edisi Revisi. Jakarta: PTIK Press & Restu Agung.
Nurjaman, Kadar dan Umam, Khaerul. (2012). Komunikasi dan Public Relations. Bandung: Pustaka Setia.
Nusyirwan at all. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pamulang, Vol. 03 (02), 238-244.
Nursyabila, Maghfira. (2019). Intip Prospek Perkembangan Perguruan Tinggi Indonesia Di Era Teknologi. //https:news.news.okezone.com//Diakses Tanggal 7 September 2020.
Prapanca, Ade Tomang. (2012). Minat Siswa Kelas XI Terhadap Mata Pelajaran Tata Boga Di SMA Negeri 1 Temon. Skripsi, dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahman, I. A., & Panuju, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink Melalui Media Sosial Instagram. Wacana. Universitas dr. Soetomo Surabaya. Vol 16 (2), 214-224.
Rini, Esti Setya. (2012). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rismayanti, P. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 5(1).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Syahputra, Edy. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.