Pelaksanaan Pelayanan Prima Pada Kasir Di Toserba Griya Pasteur Bandung

  • Sri Widaningsih Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Pasundan Cimahi
Keywords: Pelayanan Prima, Kasir

Abstract

Berbelanja menjadi salah satu aktivitas dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dan tempat berbelanja yang nyaman dan mampu memberikan pelayanan primalah yang  menjadi tujuan masyarakat dewasa ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pelaksanaan pelayanan prima pada kasir di Toserba Griya Pasteur. Metode yang adalah metode deskriptif, metode deskriptif ini adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu obyek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Teknik pengumpulannya datanya melalui studi kepustakaan, studi lapangan yang terdiri observasi dan wawancara, serta studi dokumentasi.  Hasilnya adalah pelayanan prima yang dilakukan di toserba Griya Pasteur sudah berjalan dengan baik dan menggunakan SOP A3 yaitu attitude, Attention, dan Action, dimana seluruh pelaksanaannya tentunya disesuaikan dengan SOP yang telah di tetapkan pihak perusahaan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Terbitan Berkala (Jurnal, Makalah, Karya Ilmiah) :

Melly Siagawati; Angga Muhaimin. (2018). Pelaksanaan Pelayanan Prima Customer Service Attendant Pada PT Gramedia Asri Media Merdeka Bandung. Atrabis, 4(1), 53–63. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/atrabis.v4i2.347
Suhartono, E. P. N. A., Hakim, L., & Hartanti. (2019). Hubungan Pelayanan Prima dengan kepuasan Pelangga PT Kereta Api Indoensia Pada Stasiun Pasar Senen Jakarta. Administrasi Publik, 5(3), 262–272. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kolaborasi/article/download/2574/2277
Syamsu Alang. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Pengunjung Supermarket Superindo Bandara City Mall Tanggerang. Journal of Management, 4(2), 457–471. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/managementreview/article/download/3444/3303
Unik Desthiani, E. E. (2020). Peran Pelayanan Prima Kasir Terhadap Kepuasan Pelanggan PT AEON Tanggarang Indonesia. Sekretaris Universitas Pamulang, 7(1), 12–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/skr.v7i1.4555
Yuyun Taufik. (2018). Strategi Kepuasan Pelanggan Agung Podomoro Land dalam Pemasaran Festival Citylink Bandung. Atrabis, 4(1), 75–94. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/atrabis.v4i1.448



Terbitan tidak berkala (buku, laporan, brosur, risalah, buku petunjuk) :
Daryanto, I. S. (2014). Konsumen dan pelayanan prima (Bintoro (ed.); 1st ed.). Gava Media.
Dendy Sugono, dkk. (2008). Kamus Bahasa Indonesia (Meity Taqdir Qodratillah (ed.); 1st ed.). Pusat Bahasa. https://oldi.lipi.go.id/public/Kamus Indonesia.pdf
Indonesia. Kantor Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara. (1993). Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 81/1993 tentang pedoman tatalaksana pelayanan umum.
Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Lexy J. Moleong (ed.); 38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Nina Rahmayanti. (2013). Manajemen Pelayanan Prima (Nina Rahmayanti (ed.); 2nd ed.). Graha Ilmu.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D (Sugiyono (ed.); x). Alfabeta.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Alfabeta Bandung.
Sujana, A. (2014). Kewajiban dan Tanggung Jawab Kasir Retail (A. Sujana (ed.); 1st ed.). Graha Ilmu.
Tjiptono, F. (2013). Kasir-Kasir Retail (F. Tjiptono (ed.); 1st ed.). Bumi aksara.
Published
2023-07-23
How to Cite
Widaningsih, S. (2023). Pelaksanaan Pelayanan Prima Pada Kasir Di Toserba Griya Pasteur Bandung. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 9(1), 157-164. https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i1.1325