Model E-Channel Design System Dengan Bank Biometric Aplication Pada Bank Di Indonesia

  • Panji Pramuditha Politeknik LP3I
  • Budi Harto Politeknik LP3I
  • Lina Parlina Politeknik LP3I
  • Irwan Hermawan Politeknik LP3I
  • Dewi Reniawaty Politeknik LP3I
Keywords: E-Channel, Biometrik, Mobile banking

Abstract

Peningkatan biaya perbankan di seluruh dunia telah mendorong lembaga keuangan untuk mencari pendekatan baru untuk masalah ini. Akibatnya, bank telah mulai mendefinisikan teknologi baru, khususnya penggunaan internet, karena berkaitan dengan transaksi keuangan. Akses internet telah berevolusi dari telepon darat ke komputer pribadi ke ponsel dan sekarang smartphone. Mobile banking, sering dikenal sebagai m-banking, dengan cepat menjadi norma untuk melakukan transaksi keuangan, mengantarkan era baru bagi industri perbankan global secara keseluruhan. Saat ini ada beberapa aplikasi mobile banking yang menggunakan metode login aman Sidik Jari. Satu-satunya aplikasi mobile banking yang menggunakan biometrik seperti wajah pengguna, sidik jari, atau pemindaian iris untuk memverifikasi identitas adalah yang Anda lihat saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abera Bekele Kejela, Daniel Porath. (2022). “Influence of attitude on mobile banking acceptance and factors determining attitude of end-users in Ethiopia” https://www.emerald.com/insight/2752-6356.htm
Adinugroho, Iwan. 2020. “Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Smartphone Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Mamuju.” Movere Journal 2(1): 25–34.
Awara, N. F., Anyadighibe., & Amaechi, J. 2014. The Relationship Between Customer Satisfaction and Loyalty A Study of Selected Eateries in Calabar, Cross River State. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, Vol. 5 No. 9 (110-125).
Budiarjo, Miriam. 2009. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Daniela, Bojan., et all. 2013. Electronic Banking-Advantages for Financial Services Delivery. University Cluj-Napoca
Davis,F.D. 1989. ”Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly.Vol. 13 No. 5: pp319-339.
Disemadi, Hari Sutra, And Paramita Prananingtyas. 2019. “Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah Perbankan Pengguna Crm (Cash Recycling Machine).” Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal) 8(3): 286.
Eko Nugroho, 2008. Pengenalan Teori Warna. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hadi,syamsul dan Novi, 2015,”Faktor- faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking”, jurnal optimum vol 5, no 1
Hanafizadeh, P., Behboudi, M., Koshksaray, A. A., & Tabar, M. J. S. (2014). Mobile-banking adoption by Iranian bank clients. Telematics and Informatics, 31(1), 62-78.
Hanafizadeh, Payam, et al. (2014). A systematic review of Internet banking adoption. Elsevier : Journal Telematics and Informatics 31 (2014) 492–510.
Koenig-Lewis, N., Palmer, A., & Moll, A. (2010). Predicting young consumers' take up of mobile banking services. International journal of bank marketing, 28(5), 410-432.
Khoirini. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Electronic Channel ( E-Channel ) Terhadap Kepuasan Nasabah 1439 H / 2018 M.
Mashadi, Mashadi. 2019. “( Studi Kasus Di Pt . Bank Central Asia Cabang Raya Baru Bogor ) Disusun Oleh :” (October).
Makanyeza., & Chikaze. (2017). Mediators of the relationship between service quality and customer loyalty Evidence from the banking sector in Zimbabwe. https://doi.org/10.1108/IJBM-11-2016-0164
Mu, Ari. 2019. “Analisis Strategi Pemasaran Aplikasi Bni Mobile Banking Di Bank Bni Syariah Kcp Gresik.” Journal Of Chemical Information And Modeling 53(9): 1689–99.
Mohamad Merhi and Kate Hone, Ali Tarhini, Nisreen Ameen. (2020). An empirical examination of the moderating role of age and gender in consumer mobile banking use: a cross-national, quantitative study. https://www.emerald.com/insight/1741-0398.htm
R Giot, M El-Abed, C Rosenberger, 2009 IEEE 3rd International Conference on Biometrics: Theory, Applications …
RN Aulia, B Harto, D Reniawaty, I Hermawan, P Pramuditha. (2023). “Trend Penggunaan BCA Mobile Banking Dalam Praktik Cashless Payment Lifestyle” DOI: https://doi.org/10.38204/jrak.v9i1.1202
Sidharta dan Suzanto. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-commerce. Jurnal Computech & Bisnis. Vol. 9 No.1
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia
Youtricha, Salsabila. 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Pengguna E- Banking.” Duke Law Journal 1(1): 1–13.
Internet
https://www.bni.co.id/id-id/ebanking/bnimobilebanking
https://rigenz123.medium.com/sistem-biometrik-untuk-meningkatkan-keamanan-nasabah-perbankan-ba785f7d34f9
https://gusinfo.com/cara-mengaktifkan-biometric-login-sidik-jari-bni-mobile-banking/
https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/
https://info.populix.co/report/digital-banking-survey/
Published
2023-07-07
How to Cite
Pramuditha, P., Budi Harto, Lina Parlina, Irwan Hermawan, & Dewi Reniawaty. (2023). Model E-Channel Design System Dengan Bank Biometric Aplication Pada Bank Di Indonesia. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 9(1), 118-129. https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i1.1284