PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP CITRA INSTITUSI
(SURVEY PADA MAHASISWA POLITEKNIK LP3I BANDUNG)
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui kualitas produk mencakup kinerja, keandalan, keistimewaan tambahan, kesesuain dengan spesifikasi, estetika yang dilakukan Politeknik LP3I Bandung kepada calon mahasiswanya, mengetahui komunikasi pemasaran terpadu mencakup iklan, promosi, penjualan, hubugan masyarakat, pemasaran langsung, penjualan pribadi, acara khusus dan pengalaman. Dan mengetahui pengaruh citra Politeknik LP3I Bandung, company recognition/kesadaran akan citra perusahaan, affinity/kesan kualitas, company reputation/pengenalan pada citra perusahaan dan company loyalty/kesetiaan pada perusahaan. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif verifikatif metode yang dapat menggambarkan suatu keadaan secara faktual mengenai variable-variable yang diteliti kemudian fakta-fakta tersebut dihubungkan satu sama lain melalui pengujian hipotesis penelitian. Dimensi waktu dan data yang digunakan adalah cross sectional yang mencerminkan gambaran dari suatu keadaan pada saat tertentu. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan hipotesis statistik dengan menggunakan jalur (path analysis) dan menggunakan alat bantu SPSS 17.0. Berdasarkan hasil penelitiandiketahui bahwa kualitas produk dan komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap citra institusi sebesar 88,54%, sedangkan sisanya sebesar 11,46% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian.