Manfaat Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Nasabah di Bank Jabar Banten (BJB)

  • Andina Dwijayant Politeknik LP3I
  • Salma Anhalsali Politeknik LP3I
  • Elia Daryati Rahayu Politeknik LP3I
  • Zen Munawar Politeknik LP3I
  • Rita Komalasari Politeknik LP3I
  • Puji Pramesti Politeknik LP3I
  • Poniah Juliawati Politeknik LP3I
Keywords: Qris, Qr, Code, Teknologi, Pembayaran

Abstract

Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) merupakan standarisasi Quick Response Code (Qr Code) sebagai teknologi untuk metode pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sejak Januari 2020. Standarisasi ini dibentuk untuk memberikan metode pembayaran atau transaksi nontunai yang lebih mudah dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penggunaan Qris pada nasabah Bank BJB KCP IPDN terhadap pemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standard sebagai teknologi untuk metode pembayaran nontunai. Objek penelitian ini langsung dari pihak Bank BJB KCP IPDN yang merupakan pengguna Qris baik itu merchant maupun pengguna. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi berdasarkan dari hasil penelitian terdapat berapa hal yang perlu ditingkatkan dalam penggunaan Qris dan manfaatnya di Bank BJB KCP IPDN. Penulis menarik kesimpulan bahwa penggunaan Qris yang memiliki manfaat telah berjalan dengan cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eris Tri Kurniawati1, I. Z. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QRCode Indonesian Standard(QRIS) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol.05No.01 2021, 23-25.

Iis Sholihat, R. S. (2019). Peranan Account Officer Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat . 1-5.

1, J. D. (2018). PEMANFAATAN QR-CODE SEGABAI MEDIA PROMOSI TOKO.
Vol. 1, No. 2, September 2018, 1, 56-57.

Mayanti, R. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENERIMAAN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Volume 25 No. 2, Agustus 2020, 25, 123-125.

Mislah Hayati Nasution, Sutisna.2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking. Jurnal Nisbah. Volume 1 Nomor 1, hlm 65

Ningsih1, H. A. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan,. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021, 4, 1-3.

Putri, N. I. ., Munawar, Z., & Komalasari, R. . (2022). Minat Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Pasca Pandemi. Prosiding SISFOTEK, 6(1), 155-160. Retrieved from http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/354

Setiawan1, I. W. (2020). QRIS DI MATA UMKM: EKSPLORASI PERSEPSI DAN
INTENSI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 9.10 (2020):921 946, 921-927.
Published
2022-12-28
How to Cite
Andina Dwijayant, Salma Anhalsali, Elia Daryati Rahayu, Zen Munawar, Rita Komalasari, Puji Pramesti, & Poniah Juliawati. (2022). Manfaat Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Nasabah di Bank Jabar Banten (BJB) . ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(2), 256-264. https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i2.1155