Manfaat Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Nasabah di Bank Jabar Banten (BJB)
Abstract
Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) merupakan standarisasi Quick Response Code (Qr Code) sebagai teknologi untuk metode pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sejak Januari 2020. Standarisasi ini dibentuk untuk memberikan metode pembayaran atau transaksi nontunai yang lebih mudah dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penggunaan Qris pada nasabah Bank BJB KCP IPDN terhadap pemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standard sebagai teknologi untuk metode pembayaran nontunai. Objek penelitian ini langsung dari pihak Bank BJB KCP IPDN yang merupakan pengguna Qris baik itu merchant maupun pengguna. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi berdasarkan dari hasil penelitian terdapat berapa hal yang perlu ditingkatkan dalam penggunaan Qris dan manfaatnya di Bank BJB KCP IPDN. Penulis menarik kesimpulan bahwa penggunaan Qris yang memiliki manfaat telah berjalan dengan cukup baik.
Downloads
References
Iis Sholihat, R. S. (2019). Peranan Account Officer Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat . 1-5.
1, J. D. (2018). PEMANFAATAN QR-CODE SEGABAI MEDIA PROMOSI TOKO.
Vol. 1, No. 2, September 2018, 1, 56-57.
Mayanti, R. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENERIMAAN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Volume 25 No. 2, Agustus 2020, 25, 123-125.
Mislah Hayati Nasution, Sutisna.2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking. Jurnal Nisbah. Volume 1 Nomor 1, hlm 65
Ningsih1, H. A. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan,. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021, 4, 1-3.
Putri, N. I. ., Munawar, Z., & Komalasari, R. . (2022). Minat Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Pasca Pandemi. Prosiding SISFOTEK, 6(1), 155-160. Retrieved from http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/354
Setiawan1, I. W. (2020). QRIS DI MATA UMKM: EKSPLORASI PERSEPSI DAN
INTENSI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 9.10 (2020):921 946, 921-927.