Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Margaluyu Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis

  • Arip Budiman Politeknik LP3I Kampus Kota Tasikmalaya
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Desa Margaluyu

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan faktor penting untuk meningkatkan kepuasan, kualitas pelayanan dimulai dari kebutuhan dan berakhir dengan kepuasan. Kepuasan merupakan suatu ungkapan ataupun perasaan senang dan kecewa seseorang antara kesannya terhadap kinerja ataupun hasil yang telah diharapkannya. Dengan meningkatkan kepuasan maka akan berdampak pada kepuasan seseorang terhadap apa yang telah di dapat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas Pelayanan; (2) Kepuasan Masyarakat; dan (3) pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Margaluyu Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Berdasarkan jenis data yang diperoleh, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan adalah teknik accidental sampling atau sampel kebetulan, maksudnya yaitu peneliti memilih siapa saja yang secara acak/kebetulan ditemui dan dianggap cocok sebagai sumber data. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t (parsial) menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Margaluyu Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku
Nashar. 2020. Kualitas Pelaynan akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat.
Pamekasan: Duta Media Publishing.

Rachman Marjoni. 2021. Manajemen Pelayanan Publik. Sukoharjo: CV. Tahta Media Grup.

Revida Erika. Et. Al. 2021. Manajemen Pelayanan Publik. Cet. 1 Medan : Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. 23. Bandung: CV. Alfabeta

Jurnal
Mohammad Firdaus 2020, Pengaruh Kualiatas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa pada SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi, (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, Vol. 3 No. 2 : Hlm 24 – 35)
Mila Alfionita dan Iba Gunawan 2020, dalam penelitianya yang berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Jayanti (Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangang , Vol. 3 No. 1 : Hlm 1 – 13)
Ayu Herdila Putri & Husnaini 2020, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Desa Medan Sinembah (Jurnal Studi Manajemen Vol. 2 No. 1 : Hlm 1-6 )
Poltak Perdamean Simarmata, Doris Yolanda Saragih, Hengki Mangiring, & Parulian Simarmata 2020, Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dolok Batu Nanggaran di Kabupaten Simalungun (Jurnal EK&BI, Vol. 3 No. 1 : Hlm 241 – 247)
Published
2022-12-27
How to Cite
Arip Budiman. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Margaluyu Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(2), 216-226. https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i2.1094