Pengaruh Layanan Cash On Delivery, Online Consumer Rating dan Reviews terhadap Keputusan Pembelian Produk secara Online

Authors

  • Dayat Ikhsan Hajati Politeknik Kotabaru

DOI:

https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i2.1092

Keywords:

cash on delivery, rating, review, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yang terdiri dari layanan cash on delivery, consumer online rating dan review. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis causal research. Penelitian ini mengambil 100 sampel yang diperoleh menggunakan teknik sampling incidental. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statisitik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh signifikan dan positif layanan cash on delivery terhadap keputusan pembelian secara parsial, 2) consumer online rating dan review memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian secara parsial, 3) terdapat pengaruh signifikan dan positif layanan cash on delivery, consumer online rating dan review terhadap keputusan pembelian secara simultan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII. (2018). Laporan Survei Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia.
APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2).
Arbaini, P. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1).
Auliya, Z. F., Umam, M. R. K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Costumer Reviews (OTRs) dan Rating: Kekuatan Baru pada Pemasaran Online di Indonesia. Ebbank, 8(1), 89–98.
Daulay, N. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi pada Masyarakat Kecamatan Medan Labuhan).
Dellarocas, C. (2003). The Digitization of Word of Mouth: Promise and Challenges of Online Feedback Mechanisms. Management Science, 49(10), 1407–1424.
Febrianto, F. X. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Feysen melalui Media Sosial, di Yogyakarta.
Filieri, R. (2015). What Makes Online Reviews Helpful? A Diagnosticity-Adoption Framework to Explain Informational and Normative Influences in e-WOM. Journal of Business Research, 68(6), 1261–1270.
Filieri, R., & McLeay, F. (2014). E-WOM and Accommodation: An Analysis of The Factors That Influence Travelers’ Adoption of Information from Online Reviews. Journal of Travel Research, 53(1), 44–57.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Indeks.
Kotler, P., Keller, K. L., & Manceau, D. (2016). Marketing Management, 15e édition. New Jersy: Pearson Education.
Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from A Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5.
Mason, R. D., & Lind, D. A. (1996). Teknik Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Kesembilan. Alih Bahasa, Wikarya, U., Soetjipto, W., & Sugiharso (1999). Jakarta: Erlangga.
Mo, Z., Li, Y.-F., & Fan, P. (2015). Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management, 8(03), 419.
Nugroho, S. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Ryswaldi, R. (2020). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Furchase Decision Involvement Generasi Millenial di Traveloka. Journal of Management and Business Review, 17(1), 45–62.
Sugiiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Research & Development. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Turban, E., King, D., Lee, J., & Viehland, D. (2002). Electronic Commerce: A Managerial Perspective 2002. Prentice Hall: ISBN 0, 13(975285), 4.
Tussafinah, H. (2018). Pengaruh Rating Dan Ulasan, Jaminan 100% Pengembalian Dan Layanan COD atau Bayar di Tempat terhadap Keputusan Pembelian Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang). FEBI-UIN Walisongo.
Yuniarti, K. (2018). Pengaruh Reference Groups dalam Pengambilan Keputusan Membeli Konsumen Produk Kecantikan. Journal of Management and Business Review, 15(1), 136–149.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Hajati, D. I. (2022). Pengaruh Layanan Cash On Delivery, Online Consumer Rating dan Reviews terhadap Keputusan Pembelian Produk secara Online. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(2), 141–151. https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i2.1092