Perbandingan Strategi Pemasaran Bisnis Properti Pasca Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi covid-19 berdampak terhadap kegiatan pemasaran bisnis properti. PT. Gussakka Syariah Indonesia adalah salah satu perusahaan properti yang mengalami dampak dari pandemi yang mengakibatkan berhentinya kegiatan pemasaran untuk beberapa waktu. Pada masa new normal perusahaan tersebut memulai kembali kegiatan pemasaran dengan mengubah strategi pemasaran. Bauran produk, bauran harga dan bauran promosi mengalami perubahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan strategi pemasaran sebelum dan sesudah pandemi dengan melakukan observasi secara langsung, dan pengambilan data dilapangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari pengolahan data dari observasi dan pengamatan secara langsung bahwa bauran produk, bauran harga dan bauran promosi terlaksana lebih baik yang artinya strategi pemasaran setelah pandemi lebih baik dari sebelum pandemi covid-19. Bauran produk mengalami peningkatan satu variasi produk, bauran harga lebih bersifat fleksibel dan bauran promosi mengalami peningkatan nilai PAR (purchase action ration) 0,000159%.
Downloads
References
Kotler, Philip, el. 2021. Marketing 4.0. Jakarta. PT. Gramedia Pusaka Utama.
Kusuma, Roby Agung. 2020. Untung Maksimal dari Bisnis Properti.
Musfar,Tengku Firli, S.E.,M.M., 2021. Manajemen Produk dan Merek.
Prianto, Fajar Wahyu. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Cafe Kidy di Kabupaten Situbondo.
Sisca, el. 2021. Pemasaran Dasar dan Konsep.
Timostius, Kris H, Prof. Dr. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta. CV. Andi Offset.
Marnisah, Luis. 2016. Analisa Efektifitas Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Pada Membeli Semen Baturaja Di Kelurahan Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Palembang. Jurnal Ilmiah. Volume7 No. 3.
Rufaida, Suhartono, Nindia. 2022. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Real Property Melalui Digital Marketing Sebagai Variabel Intervening Di Yogyakarta, Jurnal Riset Manajemen, Vol. 9, 68 – 84
ASDAN, ASEP DADAN SUHENDAR. "PENGARUH KOMPENSASI, KEPUASAN KERJA DAN RETENSI KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN." ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) 7, no. 2 (2021): 182-193.