Produktivitas Dosen Dalam Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Studi Pada Sekolah Tinggi Teknologi YBSI Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i1.1007Keywords:
Produktivitas, Dosen, Tri Dharma, Perguruan TinggiAbstract
Produktivitas dosen merupakan suatu hal yang sangat penting di lembaga perguruan tinggi dalam upaya untuk mencapai tujuanya. Khususnya dalam kaitannya dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Hal ini termasuk pula di lembaga STT YBSI Tasikmalaya. Tujuan Penelitian ini adalah ;1)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan produktivitas dosen di Lembaga Pendidikan STT YBSI Tasikmalaya dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, 2)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hambatan apa yang dialami oleh dosen di Lembaga Pendidikan Sekolah Tinggi Teknologi YBSI Tasikmalaya dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, 3)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya apa yang dilakukan dosen di Lembaga Pendidikan STT YBSI Tasikmalaya dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah studi literatur, observasi dan wawancara. Dalam pengolahan dan analisis dilakukan dengan cara pengorganisasian data, Coding dan analisis, pengujian terhadap dugaan, Strategi analisis, interpretasi.
Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut; Produktivitas dosen di STT YBSI Tasikmalaya dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi masih tergolong belum optimal. Hambatan yang dialami oleh dosen di Lembaga Pendidikan STT YBSI Tasikmalaya dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi adalah sebagai berikut: Suasana akademik atau academic atmosphere yang masih kurang baik, kurangnya sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran, kurangnya perilaku kecendekiawanan dalam lingkungan internal kampus, minimnya anggaran biaya, perfeksionisme, kurangnya motivasi mahasiswa, kurang mampu dalam menulis, kelesuan setelah menghadapi ujian, pengorganisasian kegiatan yang kurang baik, kurang persiapan dalam melakukan penelitian mandiri, kurangnya peranan lembaga dalam mengetahui kemampuan mahasiswa sejak awal. Sebagian dosen belum mempunyai NIDN, Kurangnya tenaga ahli (pakar) dari setiap mata kuliah yang di programkan.
Upaya yang dilakukan dosen di Lembaga Pendidikan STT YBSI Tasikmalaya dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi diantaranya adalah; menciptakan suasana akademik atau academic atmosphere yang lebih baik dalam kegiatan pembelajaran, Berusaha menutupi kekurangan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas dan di laboratorium, Meningkatkan kemampuan atau kompetensi dengan cara melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Downloads
References
Ravianto, J. (1989). Produktivitas dan Manajemen. SIUP : Jakarta
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
The Liang Gie. 1981. Ensiklopedia Administrasi. Ghalia Indonesia : Jakarta.
UU No 14 Tahun. 2005. Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas.