Strukturasi Konflik Penyesuaian Temuan Audit Melalui Penelitian Hubungan Antara Auditor Dengan Klien
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami arti konflik temuan penyesuaian audit penyesuaian, untuk memeriksa ketentuan peran dan hubungan antara auditor dan manajemen klien mereka dalam proses penyelesaian audit. Teori stuktural menyatakan bahwa pelaku dan stuktur saling terkait, tidak ada struktur tanpa aktor, karena tidak ada tindakan tanpa struktur. Objek penelitian ini adalah kantor akuntan publik dan klien tempat penelitian bekerja, karena jumlah informan dalam penelitian ini adalah lima orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis, karena penelitian ini berkaitan langsung dengan gejala yang terjadi dalam lingkungan interaksi manusia yang terorganisir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian mencerminkan bahwa keterkaitan antara auditor dan klien memiliki dua jenis utama, yaitu proaktif dan reaktif. Klien cenderung melakukan tindakan reaktif selama konflik dalam penyesuaian temuan audit, sehingga akan ada tindakan formal dan informal dalam interaksi ini yang akan mempengaruhi hasil audit.
Downloads
References
Anthony Giddends. (2011). The Constitution of Society. Cetakan keempat. Yogyakarta: Pedati
Burrel, Gibson. dan Gareth. Morgan, (1979). Sosiological Paradigms and Organizational Analysis. London : Heinemann Educational Books Ltd.
Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Approaches. London: Sage Publication.
Elder, R.J., Beasley, M.S., Arens, A.A., & Jusuf A.A. (2013), Jasa Audit dan Assurance: Pendekatan Terpadu (Adaptasi Indonesia), Jakarta: Salemba Empat.
John Roberts. 1985. Accounting Systems And Systems Of Accountability Understanding Accounting Practices In Their Organisational Contexts. Great Britain : Premagon Press LTD.
Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya Roslender, Robin and Jesse. F. Dillard. (2003). Reflections on The Interdisciplinary Perspectives on Accounting Project, New York : Elsevier Science Ltd.
Windsor, C.A. dan N.M. Ashkanasy (1995). “The Effect of Client Management Bargaining Power, Moral Reasoning Development, and Belief in a Just Wold on Auditor Independence” ,Accounting, organizations and Society, vol 20. No. 7/8, hal 701-720.