Trend Penggunaan BCA Mobile Banking Dalam Praktik Cashless Payment Lifestyle

Authors

  • Rifa Nurul Aulia Politeknik LP3I
  • Budi Harto Politeknik LP3I Bandung
  • Dewi Reniawaty Politeknik LP3I
  • Irwan Hermawan Politeknik LP3I
  • Panji Pramuditha Politeknik LP3I

DOI:

https://doi.org/10.38204/jrak.v9i1.1202

Keywords:

BCA Mobile Banking, Cashless Payment, Lifestyle

Abstract

Masyarakat kini lebih memilih transaksi elektronik untuk berbelanja yang lebih nyaman. BCA Mobile sudah cukup memenuhi kebutuhan finansial khususnya pada pembayaran transaksi nontunai (cashless) yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Pada saat ini, pembayaran nontunai ini sudah mulai mengakuisisi pembayarn dengan uang fisik, Cashless atau pembayaran nontunai sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern dengan alasan keefektifan, keringkasan dan keamanan. Ada 2 cara melakukan pembayaran cashless, yang pertama dengan fitur QRIS dan kedua dengan transfer/debit. Pihak PT Bank Central Asia Tbk selalu berusaha semaksimal mungkin untuk terus berinovasi mengikuti perkembangan lifestyle dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya penggunaan Aplikasi BCA Mobile terhadap kebutuhan yang memenuhi gaya hidup pembayaran nontunai (Cashless). Data yang diperoleh diambil dari hasil kuesioner yang disebarkan pada masyarakat Bandung dan sekitarnya pengguna Aplikasi BCA Mobile dengan range usia 17-50 Tahun. Diperoleh sampel sebanyak 50 reponden, 66% Perempuan dan 34% Laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Aplikasi BCA Mobile sangat berpengaruh pada kebutuhan finansial, (2) Aplikasi BCA Mobile mendukung segala profesi dan aktifitas finansial, (3) Sistem pembayaran nontunai (Cashless) sudah sangat mengakuisisi sistem pembayaran uang fisik, (4) Sistem pembayaran nontunai (Cashless) menjadi gaya hidup masyarakat kaum gen Z dan Millenial, (5) Keuntungan yang diperoleh masyarakat pada sistem pembayaran nontunai (cashless) pada aplikasi BCA Mobile.

Downloads

References

Ambec, S., & Lanoei, P. (2008). Does it pay to be green? A systematic overview. Academy of Management Perspectives, 22(1), 45-64.

Bank Indonesia. (2020). Elektronifikasi. Retrieved from Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/

Cepel, M., Gavuvora, B., Dvorsky, J., & Belas, J. (2020). The impact of the covid-19 crisis on the perception of business risk in the sme segment. Journal of International Studies, 13(3), 248-263.

Fitriyani. (2021). Pengaruh Teknologi dan Kepercayaan Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Muara Bulian. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Harto, B. (2020). Pelatihan pembuatan business plan menggunakan aplikasi excel bagi UMKM Juara Kota Bandung. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(1), 18-22.

Harto, B. (2022). Aspects That Influence Interest In Using Sakuku E-Wallet In Babakan Village. Economics And Business Management Journal (EBMJ), 1(2), 82-89.

Harto, B. (2022). Mobile Marketing dan Web Analytics. In A. Wijaya, Jamaludin, A. N. Khudori, R. I. Tarecha, Fauziah, E. Grace, . . . B. Harto, The Art of Digital MArketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial (pp. 183-191). Bandung: Media Sains Indonesia.

Harto, B. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). In I. Soepriyadi, R. Ristiyana, B. Harto, & et. al., Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia (pp. 31-43). Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Harto, B., & Taufikurachman, C. (2020). Utilization of Go Online System on Increasing Awareness in Awie Bah Akim Brand. Proceedings of the 3rd International Conference on Economic and Social Science, ICON-ESS, 17–18 October 2018, Banda Aceh, Indonesia (pp. 23-30). Banda Aceh: EAI.

Harto, B., Rinaldi, K., & Sulistya, A. (2021). Rencana Strategis Bisnis Jualan Online di Masa Pandemi Covid-19: Online Selling Business Strategic Plan in the Covid-19 Pandemic Period. Engineering and Technology International Journal, 3(3), 188-192.

Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9-15.

Harto, B., Wahyuni, N., & Sumarni, T. (2021). Optimizing the brand awareness of Gaia Daily and Zuist Leather MSME through the Go online system. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 45-51.

Jones, R. (2020, June 3). 7.4 million in UK living an almost cashless life, data shows. Retrieved from The Guardian: https://www.theguardian.com/

Khairunnisa, I., Harmadji, D. E., Ristiyana, R., Mekaniwati, A., Harto, B., Widjaja, W., . . . Purwanti, T. (2022). Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Komalasari, R., Harto, B., & Setiawan, R. (2021). UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19. IKRA-ITH ABDIMAS, 4(1), 1-7.

Mahmudah, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahaan Penggunaan, Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Word of Mouth Terhadap Minat penggunaan Mobile Banking 2020 (Studi Kasus Nasabah BRI KC Semarang). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(2), 419-441.

OJK. (2021). Hidup Praktis Ala Cashless Society. Retrieved from SIkapiuangmu.ojk.go.id: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/

Patilaiya, H. L., Sinurat, J., Sarasati, B., Jumiyati, S., Supriatna, A., Harto, B., & et. al. (2022). Pemberdayaan Masyarakat. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Przychodzen, J., & Przychodzen, W. (2015). Relationships between eco-innovation and financial performance - Evidence from publicly traded companies in Poland and Hungary. Journal of Cleaner Production, 90, 253-263.

Rachmat, Z., Harto, B., Fauzan, R., & et. al. (2022). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Wakil, A., Cahyani, R. R., Harto, B., Latif, A. S., Hidayatullah, D., Simanjuntak, P., . . . Sihombing, F. A. (2022). Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Wardhana, A., Sari, A. P., Limgiani, Gunaisah, E., Suroso, B. H., & et. al. (2022). Manajemen Kinerja (Konsep, Teori, dan Penerapannya). Bandung: Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Rifa Nurul Aulia, Budi Harto, Dewi Reniawaty, Irwan Hermawan, & Panji Pramuditha. (2023). Trend Penggunaan BCA Mobile Banking Dalam Praktik Cashless Payment Lifestyle. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 9(1), 254–262. https://doi.org/10.38204/jrak.v9i1.1202