Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI
Abstract
This study aims to analyze the effect of corporate social responsibility and company size on company value with corporate governance as a moderate variable in banking companies listed on the IDX for the 2016-2021 period. The type of approach in this study is quantitative associative by collecting data using secondary data in the form of an annual report published by the company on the official website of the IDX, www.idx.co.id. The study population is all banking companies on the IDX for the period 2016-2021. The sampling technique with purposive sampling obtained samples from 14 companies with the observation year starting from 2016-2021 so that 84 samples were obtained. The data analysis technique used in this study used moderated regression analysis (MRA) with the Statistical Program for Social Science (SPSS 20) tool. The results of this study show that corporate social responsibility affects company value. the size of the company affects the value of the company. Corporate governance is able to moderate the influence of corporate social responsibility on company values. Corporate governance is able to moderate the influence of company size on company value.
Downloads
References
Abdullah, W., Syariati, A., & Hamid, R. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr), Ukuran Perusahaan Dan Interest Based Debt (Ibd) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Jakarta Islamic Index Periode 2010-2016. Jurnal Manajemen Ide Dan Inspirasi, 4(2), 122–135.
Alkhairani, Kamaliah, & Rokhmawati, A. (2020). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance (Gcg) Dan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Kiat, 31(1), 10–25.
Alpi, M. F. (2018). Pengaruh Current Ratio Dan Total Assets Turnover Terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Plastik Dan Kemasan. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 17(2), 1–36.
Ardesta, D., & Andayani, W. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, 8(2).
Ardianto, E., & Machfudz, D. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis Dan Csr. Elex Media Komputindo.
Ardila, I. (2019). Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibilityindikator Kinerja Lingkungan Pada Pt Indo Tambangraya Megah Tbk. Prosiding Frama, 1(1), 319–321.
Arina Pratiwi, P. D., & Budiartha, I. K. (2018). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Dan Gaya Kepemimpinan Pada Kinerja Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, 24(3), 2226–2246. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2018.V24.I03.P22
Astayani, N. K. D., Endiana, I. D. M., & Kumalasari, P. D. (2021). Peran Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Karma ( Karya Riset Mahasiswa Akuntansi ), 1(3), 829–836.
Bagita, & Tambun, S. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance (Gcg) Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijkan Dividen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akutansi Manajerial, 1(2), 2016.
Bahtiar, E. T., Nugroho, N., Massijaya, M. Y., Roliandi, H., Rentry, A. N., & Satriawan, A. (2010). A New Method To Estimate Modulus Of Elasticity And Modulus Of Rupture Of Glulam I-Joist. Aip Conference Proceedings. Https://Doi.Org/10.1063/1.3537940
Basri, M. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Kontemporer, 3(2), 18–32.
Brigham, E., & Houston, F. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Salemba Empat.
Cahyaningtyas, A. R., & Hadiprajitno, B. (2015). Pengaruh Corporate Governance Perception Index Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal Of Accounting, 4(3), 1–12.
Devita, E. Y. (2015). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dimoderasi Oleh Debt Equity Ratio (Der). Jom Fekon, 2(2), 1–11.
Dewi, A. S. M., & Wirajaya, A. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(2), 358–372.
Fahmi, I. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal. Mitra Wacana Media.
Fcgi. (2002). Peranan Dewan Komisaris Dan Komite Audit Dalam Pelaksanaan Corporate Governance ( Tata Kelola Perusahaan ). Seri Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance), Ii(2002), 37.
Firmansyah, D., & Surasni, N. K. (2020). Pengaruh Csr Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 30(1), 163–178.
Geens, K. (2019). Helpt ‘Good Corporate Governance’? In Over Grenzen En Generaties Heen. Https://Doi.Org/10.2307/J.Ctt9qf1k1.8
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss, Edisi Keempat (7th Ed.). Universitas Diponegoro.
Gultom, R., Agustina, & Wijaya, S. W. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. In Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (Vol. 3, Issue 1).
Hadi, N. (2014). Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu.
Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Pt. Raja Grafindo Persada.
Hartono, J. (2010). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi (1st Ed.). Bpfe Ugm.
Hemastuti, C. P. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi Dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntnasi, 3(4), 1–15.
Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2012). Dasar – Dasar Manajemen Keuangan, Edisi Keenam. Ypkn, Upp Stim.
Iicg, T. I. I. For C. G. (2013). Laporan Hasil Riset Dan Pemeringkatan: Good Corporate Governance Dalam Perspektif Organisasi Pembelajar. The Indonesian Institute For Corporate Governance.
Karina, D. R. M., & Setiadi, I. (2020). Pengaruh Csr Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Gcg Sebagai Pemoderasi. Jramb, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Umb Yogyakarta, 6(1), 37–49.
Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Pt Raja Grafindo Persada.
Khasanah, I. D., & Sucipto, A. (2020). Pengaruh Corporate Social Responbility (Csr) Dan Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Akuntabel, 17(1), 14–28.
Khasanah, S. K. (2019). Pengaruh Firm Size, Current Ratio, Profitabilitas, Dan Hutang Harga Saham Dengan Deviden Sebagai Moderating Variabel. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 3(1), 8–24.
Koeshardjono, R. H., Priantono, S., & Amani, T. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Dan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating. Jiai (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 4(2), 148–165.
Komara, A., Hartoyo, S., & Andati, T. (2016). Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 20(1). Https://Doi.Org/10.26905/Jkdp.V20i1.141
Laksana, J. (2015). Corporate Governance Dan Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2008-2012). E-Jurnal Akuntansi, 11(1), 269–288.
Languju, O., Mangantar, M., & H.D.Tasik, H. (2016). Pengaruh Return On Equity, Ukuran Perusahaan, Price Earning Ratio Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Property And Real Estate Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(2), 387–398.
Lina. (2013). Faktor-Faktor Penentu Pengungkapan Modal Intelektual. Media Riset Akuntansi, 3(1), 48–64.
Loekito, V., & Setiawati, L. W. (2021). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017–2019. Balance: Jurnal Akuntansi, Auditing Dan Keuangan, 18(1), 1–26.
Lovianda, R. J., & Ibrahim, M. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Minyak Dan Gas Bumi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Jom Fisip, 5(3), 1–13.
Margaretha, F. (2011). Manajemen Keuangan Untuk Manajer Nonkeuangan. Erlangga.
Martatilova, D. S., & Djuitaningsih, T. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure, Kepemilikan Manajemen, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Proceeding Seminar Nasional Akuntansi, 1(1).
Martikarini, N. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Dan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011. Artikel Ilmiah, 1(1).
Martono, & Harjito, A. (2010). Manajemen Keuangan (Edisi 3). Ekonisia.
Maryanti, E., & Tjahjadi, B. (2013). Analisis Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 47–62.
Mursitama, T. N. Et. Al. (2011). Corporate Social Responsibility (Csr) Di Indonesia: Teori Dan Implementasi Studi Kasus Community Development Riau Pulp. Institute For Development Of Economics And Finance (Indef).
Mustofa, N., & Suaidah, Y. M. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode Ta. Jca (Jurnal Cendekia Akuntansi), 1(2), 31. Https://Doi.Org/10.32503/Akuntansi.V1i2.1397
Mutmainah. (2015). Analisis Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Eksis, 10(2), 181–195.
Nahda, K., & Harjito, A. (2011). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1), 1–12.
Napisah, L. S., & Ramadhani, V. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Laba/Rugi Operasi dan Kepemilikan Publik terhadap Audit Delay Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 6(2), 109-117.
Niresh, J. A., & Velnampy, T. (2014). Firm Size And Profitability: A Study Of Listed Manufacturing Firms In Sri Lanka. International Journal Of Business And Management, 8(1), 57–64.
Pantow, M. S. R., Murni, S., & Trang, I. (2015). Analisa Pertumbuhan Pernjualan,Ukuran Perusahaan,Return On Asset, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Di Indeks Lq 45. Jurnal Emba, 3(1), 961–971.
Pertiwi, T. K., & Pratama, F. M. I. (2011). Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverage. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(2). Https://Doi.Org/10.9744/Jmk.14.2.118-127
Pohan, H. T., Noor, I. N., & Bhakti, Y. F. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 41–52.
Prabandari, S. (2021). Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya dan Prediksi Kebangkrutan Terhadap Audit Delay. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 7(2), 96-103.
Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 183–196.
Pristianingrum, N. (2017). Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, Dan Pengungkapan Csr Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 353–364.
Putra, A. Y. S., Suherman, & Kurnianti, D. (2020). Corporate Social Responsibility Dan Nilai Perusahaan: Moderasi Corporate Governance. Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen Multiparadigma, 1(2), 1–13.
Rahma, D. A., Makhdalena, & Trisnawati, F. (2017). The Effect Of Csr, Profitability, Firm Size And Leverage To The Value Of The Company In Registered Manufacturing Company In Indonesia Stock Exchange. Jumal Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 1–13.
Rahmawati, A. D., Topowijono, & Sulasmiyati, S. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, Dan Building Construction Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2010-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 23(2), 1–7.
Reeve, W. (2010). Accounting Pengantar Akuntansi. Salemba Empat.
Riswari, D. A., & Cahyonowati, N. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility Tehadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating: Studi Pada Perusahaan Publik Non Finansial Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia. Diponegoro Journal Of Accounting, 1(1), 1–12.
Rovita, D. I., Handayani, S. R., & Nuzula, N. F. (2014). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2009-2012). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 17(1), 1–9.
Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, I. G. M. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E- Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4394–4422.
Sandjojo, N. (2011). Metode Analisis Jalur Dan Aplikasinya.
Saputri, M. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Sosial Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Misscellaneous Industry Di Bei Periode 2016-2019. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 651–669.
Sartono, A. (2012). Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Bpfe Yogyakarta.
Setiadewi, K. A. Y., & Purbawangsa, I. B. A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Dengan Herawati ( 2012 ) Yang Membuktikan Profitabilitas Secara Signifikan. Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan, 596–609.
Siallagan, H., & Machfoedz, M. (2010). Mekanisme Corporate Governance , Kualitas Laba, Dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi Ix, 1(1), 1–23.
Sudana, I. M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktek. Erlangga.
Sudarsono, & Harahap, A. S. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan Manajerialterhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Kaputama (Jika), 16(1), 11–29.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta.
Suharto, E. (2010). Pekerjaan Sosial Di Dunia Industri, Memperkuat Csr. Alfabeta.
Sulastri, E. M., & Nurdiansyah, D. H. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terindeks Oleh Cgpi). Manajerial, 2(2), 35–45.
Susanto, A. (2010). A Strategic Management Approach, Csr. The Jakarta Consulting Group.
Susilawati, E. (2017). PERAN AUDIT INTERNAL DALAM MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis), 3(2), 33-54.
Sutanto, H. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Interveng Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Sumatera Utara, 125. Https://Www.Usu.Ac.Id/Id/Fakultas.Html
Sutrisno. (2010). Manajemen Keuangan Teori, Konsep Dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Ekonisia.
Suwardika, I., & Mustanda, I. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. None, 6(3), 254488.
Tandelilin, E. (2010). Portofolio Dan Investasi Teori Dan Aplikasi. Edisi Pertama. Kanisius.
Torang, S. (2012). Metode Riset Struktur Dan Perilaku Organisasi. Alfabeta.
Wahyudi, I., & Azheri, B. (2010). Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan Dan Implementasi. In-Trans Publishing.
Wibisono, Y. (2010). Membedah Konsep & Aplikasi Csr (Corporate Social Responsibility). Gramedia.
Widyasari, N. A., Suhadak, & Husaini, A. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance (Gcg) Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(1), 1–11.
Windah, G. C., & Andono, F. A. (2013). Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Hasil Survei The Indonesian Institute Perception Governance (Iicg) Periode 2008-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–20.
Yusuf, N., & Rohmah, T. (2020). View Metadata, Citation And Similar Papers At Core.Ac.Uk. Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering, 6, 274–282.
Zulfia, N., & Widijoko, G. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Brawijaya, 7(2), 1–24.