Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi Tiktok

  • Yupitriani Yupi Universitas Halim Sanusi PUI Bandung
  • Asmarandani Universitas Halim Sanusi PUI Bandung
Keywords: Komunikasi, Pemasaran, Analisis, Konten, Tiktok

Abstract

Komunikasi pemasaran di era digital saat ini semakin berkembang. Dengan adanya sosial media semakin mempercepat jalur promosi untuk sebuah perusahaan. Munculnya aplikasi Tiktok sebagai media baru menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan media promosi. Didukung dengan jumlah pengguna Tiktok di Indonesia yang mencapai 92,07juta sampai tahun 2022.

Online Shop Dompet Keluarga yang memilih aplikasi Tiktok sebagai media promosi, menjadi unik ketika menggunakan metode soft selling dalam penjualan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui isi konten akun  @dompetkeluarga dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui aplikasi Tiktok

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis konten yang digunakan untuk menganalisis serta memahami mengenai pesan simbolik dalam bentuk seperti dokumen, artikel, karya sastra, dan lainnya yang termasuk data tidak berstruktur

Pada akun Tiktok dompet keluarga ditemukan konten yang berisikan iklan, story telling, edukasi, promosi, testimoni dan tanya jawab. Konten yang ditampilkan oleh akun dompet keluarga ini merupakan penjabaran dari konsep pemasaran AIDA (Awareness, Interess, Desire, Action)

Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh akun dompet keluarga pada aplikasi Tiktok berisikan konten yang bertujuan untuk membangun kesadaran dalam mengelola keuangan dengan memberikan solusi melalui produk dompet keluarga

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Book

Akbar, A. (2006). Cepat dan Mudah Membuat Situs Internet.

Bulele, Y. N. (2020, November). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. In Conference on Business, Sosial Sciences and Innovation Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 565-572).

Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of interactive marketing, 15(4), 18-33.

Chaffey, D. (2015). Digital Business and E- Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. Pearson Education Limited.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71.

Ha, Y. W., Park, M. C., & Lee, E. (2014). A

framework for mobile SNS advertising effectiveness: user perceptions and behaviour perspective. Behaviour & Information Technology, 33(12), 1333-

Hayu, R. S. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millennial Indonesia. (JMK) Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 4(1), 61-69.

Indrawati, K. A. P., Sudiarta, I N., & Suardana, I W. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 78-83.

Kirk, J., Miller, M. L., & Miller, M. L. (1986). Reliability and validity in qualitative research (Vol. 1). Sage.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Dasar- Dasar Pemasaran Jilid 2. Alih Bahasa, Alexander Sindoro. Jakarta Prenhallindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. 14EEdition. NewJersey: Prentice Hall.

Leskin, P. (2020). Tiktok Surpasses 2 Billion Downloads and Sets A Record For App Installs in A Single Quarter. Business Insider.

Lexy, J. M. (2010). Qualitative research methodology. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktavia, Y. (2019). Pengaruh Hashtag Engagement #Peoplewearoemahetnik Di Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image Ukm Oemah Etnik (Doctoral Dissertation, Universitas Airlangga).

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PRO SNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 352-358)

Romo, Z. F. G., Medina, I. G., & Romero, N. P. (2017). Storytelling and social networking as tools for digital and mobile marketing of luxury fashion brands. Int. J. Interact. Mob. Technol., 11(6), 136-149.

Saladin, D., & Oesman, Y. (2002). Intisari Pemasaran dan Unsur Pemasaran. Bandung: Lindakarya.

Saveria, R. A. (2016). Analisis Digital Marketing Dalam Strategi Integrated Marketing Communication Kampanye Politik (Studi Kasus Komunitas Teman Ahok).

Sawicki, A. (2016). Digital Marketing. Journal World Scientific News, 48, 82-88.

Setyaningrum, N., Waluyo, H. D., & Wijayanto, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi Penjualan dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 197-204.

Stathopoulou, A., Borel, L., Christodoulides, G., & West, D. (2017). Consumer Branded #hashtag Engagement: Can Creativity in TV Advertising Influence Hashtag Engagement?. Psychology & Marketing, 34(4), 448-462.

Su, Y., Baker, B. J., Doyle, J. P., & Yan, M. (2020). Fan engagement in 15 seconds: Athletes’ relationship marketing during a pandemic via TikTok. International Journal of Sport Communication, 13(3), 436-446.

Artikel dari website dengan nama penulis

Ahmad, Jumal. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analist). Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.

skripsi BAB II.pdf (radenfatah.ac.id)

Artikel dari website tanpa nama penulis

AIDA: Apa Itu, Contoh Penerapan, Kelebihan dan Kekurangannya (16 maret 2022) diakses dari AIDA: Apa Itu, Contoh Penerapan, Kelebihan dan Kekurangannya (glints.com)

Jurnal online

Ramadhan, Ilham.(2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok.

Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol. 18, No. 1, Juni 2021 (49-60)

Published
2023-02-20
How to Cite
Yupi, Y., & Heryadi Putri, A. (2023). Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi Tiktok . KOMVERSAL, 5(1), 70-92. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i1.1214