Pelatihan E-Commerce Untuk Mendapatkan Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa Politeknik LP3I Bandung Pasca Pandemi Covid 19 (bekerjasama dengan UMKM Kirihuci sebagai pelatih e-commerce)
Abstract
Penggunaan internet sangat dibutuhkan terutama dua tahun terakhir, saat seluruh dunia terdampak pandemi covid 19. Semua sektor baik yang bekerja di kantoran, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pengusaha dan lain-lain sangat tergantung kepada keberadaan internet. E-commerce makin berkembang terutama dengan maraknya persaingan dengan menggunakan e-commerce ini karena masyarakat tidak perlu repot keluar rumah untuk mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkannya tetapi cukup dengan menggunakan internet di rumah. Masyarakat millennial perlu diberi pengertian dan pelatihan bagaimana penting nya e-commerce dalam mengembangkan suatu peluang bisnis yang semakin berkembang. UMKM Kirihuci melakukan pelatihan ke 75 – 80 orang mahasiswa LP3i Bandung: 1. Mengenai mengenal potensi diri yang dimiliki, 2. Analisa peluang usaha yang ada di sekitar kita, 3. Copy writing dan sosmed, 4. Marketplace dan iklan. Diharapkan mahasiswa yang sudah mengikuti pelatihan ini dapat mengembangkan keahliannya dalam membuat aplikasi e-commerce seperti Business to Business (B2B), Business to Consumer (B2C), Online to Offline (O2O) agar menambah wawasan pengetahuan mereka tentang penggunaan e-commerce saat mereka memulai membuka usaha bisnis barunya.
Downloads
References
Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII), 9 Juni 2022
Essential of Management Information System. New Jersey: Prentice Hall E-Commerce. New Jersey : oracle corp. Michael Cross, (2013) .
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Indonesia.Buku 2. Jakarta: Salemba Empat. 2007.
Leveraging Social Networking While Mitigating Risk: 1st Edition, Syngress.
Menciptakan Penjualan Melalui Social Media.Jakarta (ID) : PT Elex Komputindo. Purwana, Dedi. (2017).
Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 Tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map e-commerce) Puntoadi, Danis. (2011).
Pressman 2019, Metode Rational Unified Process (RUP)
Sistem Informasi Manajemen. Salemba. Jakarta. Laudon, J., dan Laudon, K. C. (1998).
Survei Internet Indonesia 2021 – 2022.
We are social.com, Agensi Digital Marketing Amerika.
Manajerial, Vol. 12 No.2 Juni 2020, Hal – 199 http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/